Kepergian Miller Membuka Pintu bagi Bastianini dan Martin
Jack Miller akan bergabung dengan KTM MotoGP pada musim 2023 hingga 2024. Kepergiaan Miller membuka pintu bagi Enea Bastianini dan Jorge Martin untuk menjadi rekan setim Francesco Bagnaia di tim pabrikan Ducati.
Oleh
AGUNG SETYAHADI
·5 menit baca
AFP/FILIPPO MONTEFORTE
Pebalap Ducati Jack Miller menjalani sesi pemanasan jelang balapan Grand Prix Moto GP Italia di Sirkuit Mugello, 29 Mei 2022. Miller dipastikan bergabung ke KTM musim depan.
MUNDERFING, KAMIS – Jack Miller dipastikan akan bergabung dengan tim pabrikan KTM pada MotoGP musim 2023-2024 menggantikan Miguel Oliveira. Kepergian Miller dari tim pabrikan Ducati sekaligus membuka ruang bagi Enea Bastianini dan Jorge Martin untuk menjadi rekan setim Francescio Bagnaia.
Musim ini, Bastianini menjadi kandidat kuat untuk menjadi pebalap pabrikan Ducati menyusul performanya yang melejit bersama tim Gresini Racing Ducati dengan tiga kemenangan. Kondisi ini membuat Ducati pusing menentukan antara Bastianini atau Jorge Martin, pebalap Pramac Ducati, tim satelit Ducati lainnya.
Kelanjutan karier Miller di Ducati mulai menjadi sorotan sejak Bastianini melesat pada awal musim ini. Dia juga mengalahkan Miller dan Bagnaia dalam beberapa persaingan meraih podium.
Miller juga sempat mengatakan bahwa dirinya tidak peduli akan membela di tim mana saja, asal masih bisa tampil di ajang MotoGP. Pebalap Australia itu pun menilai peluang Bastianini menjadi rekan setim Bagnaia sangat masuk akal, karena dia sangat kompetitif dan berasal dari Italia.
Awalnya Miller diperkirakan akan kembali ke Pramac Racing, seandainya Jorge Martin yang promosi ke tim pabrikan Ducati. Dia kemudian dikabarkan akan bergabung dengan KTM, tetapi Miller memilih bungkam saat dikonfirmasi beberapa pekan lalu.
AFP/PAU BARRENA
Pebalap Ducati Jack Miller pada sesi kualifikasi Grand Prix MotoGP Catalunya di Circuit Barcelona-Catalunya, Montmello, 4 Juni 2022.
Pekan ini, masa depan Miller terang benderang menyusul pengumuman resmi dari KTM. Miller pernah membela tim asal Austria itu saat menjadi runner-up Moto3 pada 2014. Dia kemudian langsung promosi ke MotoGP bergabung dengan LCR Honda pada 2015. Dalam dua musim berikutnya dia membela tim EG 0,0 Marc VDS. Miller kemudian membela Pramac Racing Ducati pada 2017-2020, dan kemudian membela tim pabrikan Ducati pada 2021-2022.
Kini dia kembali ke KTM dan akan menjadi rekan setim Brad Binder. KTM menilai, Miller memiliki reputasi bagus atas kerja kerasnya, selalu mencurahkan seluruh energi, serta kepribadian yang bagus. Di KTM, dia akan kembali bekerja sama dengan bosnya di Pramac Racing, Francesco Guidoti, yang kini menjadi manajer tim pabrikan KTM.
"Memiliki Jack bersama Brad di dalam tim kami berarti kami memiliki aset lain yang kuat. Saya mengenal dia dengan sangat baik, saya tahu bagaimana dia bekerja, dan apa yang bisa dia bawa ke dalam garasi. Saya yakin karakternya dan cara dia berkendara serta memacu KTM RC16 akan sangat membantu kami dalam proyek kami pada tahap ini," ungkap Guidoti.
"Seperti Brad, Jack adalah pebalap murni. Dia akan menemukan limit dan sisi maksimal dari setiap kondisi dan setiap paket, dan tetap 'berjuang maksimal' untuk meraih hasil dan itu kualitas yang cukup langka. Dua musim ke depan akan menarik!" tegas Guidoti.
AFP/PAU BARRENA
Pebalap KTM Miguel Oliveira mengikuti Grand Prix MotoGP Catalunya di Circuit Barcelona-Catalunya, Montmello, 5 Juni 2022. Posisi Oliveira di KTM musim depan akan digantikan pebalap Ducati Jack Miller.
Miller meninggalkan kenangan manis bagi KTM dengan performanya saat membeka tim Moto3 Red Bull KTM Ajo pada 2014.
"Tentu kami telah mengenal Jack sejak dia membuat kehebohan berama Aki (Ajo) dan program Moto3 kami, dan ini merupakan kegembiraan besar bisa menghadirkan pebalap sekelas dia ke dalam struktur MotoGP kami," ungkap Direktur Motorsport KTM Pit Beirer di laman resmi KTM Racing, Kamis (9/6/2022).
Saya mengenal dia dengan sangat baik, saya tahu bagaimana dia bekerja, dan apa yang bisa dia bawa ke dalam garasi.
"Dia meninggalkan kami dengan kesan positif, dan kami tetap berhubungan. Pendekatan dan sikap Jack terhadap balapan sangat mirip dengan kami. Saya sangat bangga dia kembali lagi ke Red Bull KTM dan dia akan menjadi tambahan sangat besar pada misi kami," tegas Beirer.
Kursi kosong Ducati
Kepergian Miller dari tim pabrikan Ducati pada akhir musim ini tersebut, membuat bursa pebalap semakin seru. Saat ini, selain persaingan antara Bastianini dan Martin untuk menjadi rekan setim Bagnaia, juga ada dua pebalap Suzuki Alex Rins dan Joan Mir yang akan bebas kontrak seiring kepergian Suzuki dari MotoGP di akhir musim ini.
AFP/JEAN-FRANCOIS MONIER
Dari kiri ke kanan, pebalap Ducati Lenovo Jack Miller, pebalap Gresini Racing Enea Bastianini, dan pebalap Aprilia Aleix Espargaro di podium Grand Prix MotoGP Perancis di Sirkuit Bugatti, Le Mans, 15 Mei 2022. Bastianini berpeluang menggantikan posisi Miller yang akan pindah ke KTM.
Posisi Miguel Oliveira yang digantikan oleh Miller juga belum pasti pindah ke tim mana. Jika Bastianini atau Martin promosi ke tim pabrikan Ducati, juga akan ada kekosongan di Gresini dan Pramac. Saat ini, Bastianini didorong oleh manajernya Carlo Pernat untuk bisa menjadi tim pabrikan. Dia dinilai mengungguli Martin, yang awalnya menjadi kandidat kuat pengganti Miller.
"Ducati ingin melihat lebih banyak balapan untuk menentukan pilihan. Saya cepat, tetapi pebalap Ducati lainnya juga cepat. Saya tidak tahu apakah tahun depan saya akan menjadi bagian dari tim pabrikan Ducati, saat ini masih terlalu dini untuk memahami itu," ujar Bastianini kepada MotoGP, Kamis (24/5).
Bastianini enggan terlalu memikirkan posisinya musim depan, dan memiliih fokus pada target musim ini. "Target kami saat ini tetap berusaha berada dalam lima besar, tetapi target bisa berubah seiring berjalannya musim. Anda harus selalu berusaha berada di depan, anda harus berusaha lebih keras di setiap balapan,” ujarnya.
Pebalap yang dijuluki “La Bestia” ini masih bekerja keras untuk bisa tampil konsisten. “Beberapa orang mengatakan saya harus menekan lebih keras, tetapi saya akan tetap balapan dengan rileks karena dengan seperti itu saya bisa balapan dengan baik, fokus, menikmati balapan, tidak selalu kerja, kerja, kerja," ungkap pebalap berusia 24 tahun itu.
AFP/LLUIS GENE
Pebalap Ducati Gresini Enea Bastianini mengikuti sesi latihan bebas ketiga Grand Prix MotoGP Catalunya di Circuit Barcelona-Catalunya, Montmello, 4 Juni 2022.
Bastianini memang masih perlu memperbaiki konsistensi di setiap balapan, karena dalam sembilan seri yang telah berjalan, dia tiga kali menang tetapi pada seri lainnya finis di posisi 11, 10, 8, serta tiga kali gagal finis. Dua balapan terakhir dalam seri Italia dan Catalunya dia selalu terjatuh.
Oleh karena itu, meskipun menjadi pebalap dengan jumlah kemenangan terbanyak, tiga kali, posisinya tertahan di urutan ketiga klasemen dengan 94 poin, selisih 53 poin dari Fabio Quartararo di puncak klasemen. Padahal, sebelum seri Italia dan Catalunya, selisih poin Bastianini dengan Quartararo hanya delapan poin.
Namun, bagi Pernat, performa yang ditunjukan oleh Bastianini musim ini sudah kuat untuk menjadikan dirinya pebalap tim pabrikan musim depan. "Saya harap seperti itu, dan pada saat saya bisa mengatakan dengan hasil yang diraihnya, dia layak untuk itu. Perusahaan besar membuat rencana jauh di depan, dan Ducati memiliki pemikiran untuk mempromosikan Martin. Hal itu baik-baik saja terkait dengan pemasaran dan sebagainya, tetapi di sini kita menjalani balapan, dan poin yang dihitung," tegas Pernat kepada La Gazetta dello Sport.
Jika Ducati tetap memilih Martin sebagai rekan setim Bagnaia, Pernat sudah menyiapkan rencana cadangan. Dia memasukan klausul Bastianini mendapat perlakuan yang sama dengan pebalap pabrikan Ducati untuk kontrak baru musim 2023-2024. Jika permintaan itu disetujui oleh Ducati, maka Bastianini akan mendapatkan motor spesifikasi pabrikan meskipun musim depan tetap membela Gresini Racing.