Mario Suryo Aji memenuhi targetnya untuk menyelesaikan balapan Moto3 seri Indonesia dan meraih poin pertamanya. Pebalap muda Indonesia ini meraih dua poin setelah dua pebalap di depannya terjatuh pada lap terakhir.
Oleh
AGUNG SETYAHADI
·2 menit baca
PRAYA, KOMPAS — Mario Suryo Aji yang start dari posisi ketiga hanya mampu menyelesaikan balapan Moto3 seri Indonesia di Sirkuit Mandalika pada posisi ke-14, Minggu (20/3/2022). Hasil ini sesuai targetnya untuk menyelesaikan balapan di zona poin.
Pebalap muda Indonesia yang membela Honda Team Asia itu meraih dua poin pertamanya di kelas Moto3. Poin itu bisa dia raih karena Andrea Migno dan Ayumi Sasaki di posisi keenam dan ketujuh terlibat kecelakaan di lap terakhir.
Mario kurang bagus saat mengawali balapan sehingga dia langsung tergeser ke posisi belakang. Dia memang masih bisa bertahan di rombongan terdepan, tetapi seiring dengan jumlah putaran, posisinya terus mundur.
Dia kemudian tergeser hingga ke posisi ke-19 pada lap-lap akhir balapan, dan memperbaiki posisi hingga berada di poisi ke-16. Dalam putaran terakhir, persaingan para pebalap semakin sengit, hingga Migno dan Sasaki terlibat kecelakaan, dan keduanya gagal finis.
Mario pun finis di posisi ke-14 dan meraih dua poin pertamanya dalam musim debut di Moto3. Dia pun melakukan putaran dengan bendera Merah Putih hingga menuju ke garasi timnya. Dalam seri pembuka di Qatar, Mario finis di posisi ke-19 sehingga tidak meraih poin. Di kelas Moto3, poin diberikan kepada 15 pebalap terdepan.
Semoga saya bisa menikmati balapan dan finis di posisi poin. Saya akan memberikan yang terbaik.
”Semoga saya bisa menikmati balapan dan finis di posisi poin. Saya akan memberikan yang terbaik,” ujar Mario seusai meraih posisi start ketiga pada Sabtu.
Balapan Moto3 seri Indonesia ini dimenangi Dennis Foggia yang dominan sejak awal balapan. Dia mampu melepaskan diri dari rombongan besar pebalap dan memimpin balapan hingga akhir. Posisi kedua diraih oleh Izan Guevara, dan podium ketiga ditempati Carlos Tatay yang sempat menjalani long lap penalty.
Seusai balapan Moto3 ini, balapan kelas Moto2 berlangsung dengan jumlah putaran dikurangi, dan hanya akan menempuh dua pertiga dari 25 putaran. Pengurangan jumlah putaran Moto2 menjadi 16 lap ini diambil karena kondisi trek. Belum ada keterangan resmi terkait kondisi trek yang dimaksud.