logo Kompas.id
OlahragaJaga Citra Mandalika, ”Jendela” Indonesia

Jaga Citra Mandalika, ”Jendela” Indonesia

Indonesia kini berada dalam radar olahraga dunia sejak Sirkuit Mandalika masuk dalam agenda World Superbike dan MotoGP. Maka itu, penting untuk menjaga citra Mandalika maupun penyelenggaraan olahraga di sana.

Oleh agung setyahadi
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/ISMAIL ZAKARIA

Meski telah dilarang, namun pengunjung atau wisatawan kawasan Mandalika tetap nekat naik ke tribun penonton yang sedang dibangun untuk melihat lebih dekat Sirkuit Internasional Jalan Raya Pertamina Mandalika di Kuta, Pujut, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Minggu (7/11/2021). Selain membahayakan keselamatan mereka, tindakan pengunjung itu juga mengganggu pembangunan fasilitas pendukung sirkuit yang ditargetkan selesai sebelum ajang World Superbike pada 19-21 November 2021 mendatang.

JAKARTA, KOMPAS - Sirkuit Internasional Mandalika membawa Indonesia dalam sorotan dunia menyusul kepastian trek di Nusa Tenggara Barat itu sebagai lokasi balap Kejuaraan Dunia Superbike 2021 dan MotoGP mulai 2022. Upaya menjadikan Mandalika sebagai country branding (citra negeri) menuntut pembenahan perilaku para individu yang terlibat.

Penyebaran video dan foto saat pemeriksaan kargo tim-tim peserta Asia Talent Cup dan Superbike, Rabu (10/11/2021), telah mencoreng citra Mandalika dan Indonesia. Pembukaan peti kargo tim Aruba.It Racing-Ducati ketika itu dinarasikan di media sosial sebagai tindakan ilegal dan memalukan.

Editor: Yulvianus Harjono
Bagikan
Memuat data..