logo Kompas.id
OlahragaPertegas Sanksi Pelanggar Prokes

Pertegas Sanksi Pelanggar Prokes

Sejumlah epidemiolog mencemaskan kesiapan Papua menggelar PON 2021 di tengah pandemi Covid-19. Ajang besar olahraga itu bisa menjadi pemicu baru lonjakan kasus Covid-19 di Tanah Air jika tidak diantisipasi dengan serius.

Oleh Tim Kompas
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/FABIO MARIA LOPES COSTA

Salah satu warga mengikuti vaksinasi Covid-19 di Kota Jayapura pada Selasa (21/9/2021). Kota Jayapura termasuk salah satu dari empat kluster penyelenggara Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua 2021.

JAKARTA, KOMPAS - Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua 2021 berpotensi jadi pemicu baru lonjakan kasus Covid-19 di Tanah Air. Maka itu, pemerintah dan panitia pelaksana PON perlu menjalankan protokol kesehatan dengan ketat dan menjatuhkan sanksi tegas terhadap pelanggar aturan.

”Protokol kesehatan jangan hanya bagus di atas kertas, melainkan juga perlu diterapkan efektif, efisien, dan konsisten. Jangan ragu memberikan sanksi tegas. Berkaca dari Olimpiade Tokyo 2020, tuan rumah sudah melakukan persiapan luar biasa dan menerapkan aturan ketat. Namun, penularan Covid-19 masih terjadi dan kebanyakan di luar laga,” ujar Iqbal Elyazar, epidemiolog kolaborator LaporCovid-19, dalam diskusi daring tentang PON, Jumat (24/9/2021).

Editor: Yulvianus Harjono
Bagikan
Memuat data..