logo Kompas.id
OlahragaJaminan Masa Depan Tokoh di Balik Layar

Jaminan Masa Depan Tokoh di Balik Layar

Penghargaan untuk pelatih, terutama jaminan pensiun dan kesehatan, dibutuhkan agar mereka bekerja dengan tenang. Peran pelatihs angat penting bagi prestasi atlet.

Oleh Adrian Fajriansyah, Yulia Sapthiani, Kelvin Hianusa
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/Adrian Fajriansyah

Pelari gawang putri andalan Indonesia Emilia Nova (kanan) berlatih beban didampingi pelatih  Fitri "Ongky" Haryadi di Stadion Madya Senayan, Jakarta, 17 September 2019. Jaminan masa depan, termasuk pensiun dan asuransi kesehatan, dibutuhkan pelatih untuk masa depan mereka.

JAKARTA, KOMPAS - Di balik prestasi gemilang atlet di arena olahraga, ada peran pelatih yang tak mungkin diabaikan. Pelatih sangat berperan membentuk dan mendampingi atlet, mulai dari menyusun program latihan, membangun kondisi fisik, nutrisi, kemampuan teknis, menguatkan mental bertanding, hingga urusan non teknis di luar pertandingan.

Saat atlet berprestasi, terutama di ajang besar, pelatih biasanya ikut kecipratan bonus dan penghargaan. Namun, sebagian besar pelatih  di pemusatan latihan nasional atau daerah sehari-hari hanya bergantung pada gaji bulanan, dan pelatih klub mengandalkan penghasilan seadanya dari klub. Tak sedikit yang memiliki usaha sampingan untuk menghidupi keluarga.

Editor: Johan Waskita
Bagikan