logo Kompas.id
OlahragaAkhir Getir Vinales

Akhir Getir Vinales

Maverick Vinales direkrut oleh Yamaha pada 2017 dari Suzuki dengan harapan bisa merajai MotoGP di atas YZR-M1. Namun, asa itu kandas, hingga perpisahan Vinales dan Yamaha pun terasa getir.

Oleh AGUNG SETYAHADI
· 1 menit baca
Memuat data...
AFP/TIZIANA FABI

Pebalap Yamaha Maverick Vinales berlaga pada Grand Prix MotoGP Italia di Sirkuit Mugello, pada arsip foto 30 Mei 2021. Yamaha mengakhiri kontrak Vinales pada Jumat (20/8/2021), menyusul perseteruan kedua pihak. Kontak Vinales seharusnya berakhir usai musim 2022, lalu dipercepat menjadi akhir musim 2021 pada Juni lalu.

GERNO DI LESMO, JUMAT Hubungan antara Maverick Vinales dan Yamaha terlanjur rusak menyusul insiden beruntun sejak MotoGP seri Jerman pada pertengahan Juni lalu. Protes Vinales yang merasa dianggap remeh pun berujung kesepakatan pemutusan kontrak di akhir musim ini.

Namun, jalan tengah itu justru memburuk setelah jeda musim panas, Vinales dijatuhi skors oleh tim Yamaha pada seri Austria karena mengoperasikan motor dengan berbahaya pada seri Styria. Kerusakan hubungan sudah terlalu parah hingga kini mereka memutuskan mengakhiri kontrak kerja sama lebih awal.

Editor: Johan Waskita
Bagikan
Memuat data..