logo Kompas.id
OlahragaMenanti Wajah Baru Liga 1

Menanti Wajah Baru Liga 1

Untuk pertama kalinya, kompetisi sepak bola nasional akan berlangsung dengan sistem seri. Terdapat tiga kluster wilayah yang akan menyelenggarakan enam seri Liga 1 2021. Liga akan dimulai pada 10 Juli.

Oleh MUHAMMAD IKHSAN MAHAR
· 1 menit baca
Memuat data...
ANTARA FOTO/MOHAMMAD AYUDHA

Pemain Persija mengangkat trofi Piala Menpora seusai mengalahkan Persib Bandung pada laga kedua final Piala Menpora di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, 25 April 2021. Format seperti Piala Menpora dengan membagi kompetisi dalam seri dan kluster digunakan untuk menggelar Liga 1 mulai 10 Juli 2021.

Kondisi pandemi Covid-19 yang belum mereda di Tanah Air memerlukan berbagai penyesuaian dalam semua aspek kehidupan, termasuk sepak bola. PT Liga Indonesia Baru, operator Liga 1, memastikan akan menghadirkan wajah baru dalam penyelenggaraan musim istimewa tahun ini. Liga 1 2021, yang akan dimulai pada 10 Juli, direncanakan berlangsung dengan sistem seri sehingga tidak ada tim yang memiliki privilese sebagai tuan rumah.

Sistem seri memang menjadi hal baru dalam kompetisi sepak bola profesional Indonesia, tetapi skema tersebut bukanlah hal asing dalam kompetisi cabang olahraga lain, seperti bola basket dan bola voli. Selama ini, kompetisi bola basket, yakni Liga Basket Indonesia (IBL), atau bola voli, Proliga, selalu menggunakan sistem seri yang dilangsungkan di wilayah berbeda pada setiap serinya.

Editor: Johanes Waskita Utama
Bagikan
Memuat data..