logo Kompas.id
OlahragaPersaingan Terbuka di Sachsenring

Persaingan Terbuka di Sachsenring

Sachsenring bak milik Marc Marquez dengan tujuh kemenangan beruntun sejak 2013. Namun, akhir pekan ini, persaingan podium akan lebih terbuka dengan kondisi Marquez yang belum maksimal pasca cedera humerus.

Oleh AGUNG SETYAHADI
· 1 menit baca
Memuat data...
LLUIS GENE / AFP

Pebalap Yamaha Fabio Quartararo beraksi di Grand Prix MotoGP Catalunya di Sirkuit Catalunya, Montmello, Spanyol, 6 Juni 2021. Quartararo diunggulkan untuk kemabli menjadi yang terrcepat pada GP Jerman di Sachsenring, akhir pekan ini.

CHEMNITZ, KAMIS ­– Balapan MotoGP seri Jerman di Sirkuit Sachsenring, akhir pekan ini, berpotensi besar menjadi pertarungan sengit Joan Mir dan Fabio Quartararo. Mereka memiliki motor yang sesuai dengan trek pendek dan banyak tikungan kecepatan rendah itu. Di atas kertas, Sachsenring tidak sesuai dengan motor-motor mesin V4 yang berlimpah tenaga tetapi relatif sulit menikung dibandingkan mesin empat silinder segaris.

Namun, karakter mesin bukan jaminan podium, karena justru pebalap dengan mesin V4 yang selalu menang di Sachsenring sejak 2013 hingga 2019, yaitu Marc Marquez. Pebalap tim Repsol Honda itu mampu memaksimalkan keunggulan dalam akselerasi, serta berani mengambil resiko sangat besar di tikungan. Sachsenring pun dia kuasai sejak menjalani debut di MotoGP pada 2013. Musim lalu, Sachsenring tidak dipakai untuk MotoGP karena pandemi Covid-19.

Editor: Wisnu Aji Dewabrata
Bagikan
Memuat data..