logo Kompas.id
OlahragaSekarang atau Tidak Sama Sekali bagi Belgia

Sekarang atau Tidak Sama Sekali bagi Belgia

Piala Eropa 2020 merupakan kesempatan terakhir ”generasi emas” Belgia untuk mengukir sejarah sekaligus menyamai prestasi para tetangganya di Eropa barat. Ambisi besar meraih trofi itu dimulai dengan memukul Rusia, 3-0.

Oleh Anton Sanjoyo
· 1 menit baca
Memuat data...
AFP/POOL/ANTON VAGANOV

Pemain timnas Belgia, Thomas Meunier (kanan), merayakan gol kedua yang dicetak bagi timnya bersama striker Romelu Lukaku saat melawan Rusia pada laga Piala Eropa 2020 di Stadion Saint Petersburg, Rusia, Minggu (13/6/2021) dini hari WIB. Pada laga itu, Belgia menang 3-0 atas Rusia.

Belgia mulai meletakkan batu pertama pada fondasi bangunan impian mereka, istana gelar juara. Kemenangan telak, 3-0, atas Rusia di St Petersburg, Rusia, Minggu (13/6/2021) dini hari WIB, membuka lebar peluang pasukan Roberto Martinez untuk lolos ke babak gugur Piala Eropa 2020. Ajang ini merupakan kesempatan terakhir ”generasi emas” Belgia untuk mengukir sejarah sekaligus menyamai prestasi para tetangga dekatnya di Eropa barat.

Gagal bukan lagi pilihan bagi pasukan ”Setan Merah”, julukan timnas Belgia, yang sebagian besar anggota skuadnya sudah berada di senja kala kariernya. Mengingat Piala Dunia Qatar 2022 masih 17 bulan ke depan dan peluang juara yang semakin tipis karena ikutnya para raksasa Amerika Latin, Piala Eropa 2020 sungguh merupakan kesempatan terakhir bagi Romelu Lukaku dan rekan-rekan untuk dikenang selamanya sebagai generasi sepak bola terbaik yang pernah dimiliki Belgia.

Editor: Yulvianus Harjono
Bagikan
Memuat data..