logo Kompas.id
OlahragaTerobosan Baru VAR Hadir di Piala Eropa

Terobosan Baru VAR Hadir di Piala Eropa

UEFA menghadirkan hal baru dalam penggunaan VAR dalam debut di Piala Eropa 2020. Terobosan yang dibuat UEFA akan memudahkan kerja wasit utama sekaligus berupaya memberikan keputusan yang semakin tepat.

Oleh MUHAMMAD IKHSAN MAHAR
· 1 menit baca
Memuat data...
FILIPPO MONTEFORTE / AFP

Suasana Stadion Olympic di Roma, Italia, Kamis (10/6/2021), yang akan digunakan untuk pertandingan pertama Piala Eropa 2020 Turki melawan Italia pada Sabtu (12/6/2021) dini hari WIB.

Cristiano Ronaldo, megabintang Portugal, tidak akan pernah melupakan laga melawan Serbia yang berakhir imbang 2-2 pada kualifikasi Piala Dunia 2022, 28 Maret lalu. Wasit Danny Makkelie menganulir golnya di menit akhir karena bola dianggap belum melewati garis gawang. Padahal, dari siaran ulang televisi, bola sudah sepenuhnya melewati garis gawang sebelum di sepak keluar oleh kapten Serbia, Stefan Mitrovic.

Meskipun tidak menyaksikan siaran ulang, Ronaldo amat yakin dirinya telah menciptakan gol kemenangan bagi ”A Selecao”. Keputusan wasit itu pun membuat ”CR7” murka. Ia meninggalkan lapangan ketika wasit belum meniupkan peluit akhir sekaligus melepaskan ban kapten di lengannya, kemudian melempar ban kapten itu di atas lapangan.

Editor: Wisnu Aji Dewabrata
Bagikan
Memuat data..