logo Kompas.id
OlahragaAdrenalin Podium ”Membelenggu” Rossi

Adrenalin Podium ”Membelenggu” Rossi

Valentino Rossi kini menjalani musim ke-26 sejak debut di kelas 125 cc pada 1996. Dia tak muda lagi, 42 tahun, tetapi belum sepenuhnya yakin untuk pensiun karena selalu merindukan semburan adrenalin saat naik podium.

Oleh AGUNG SETYAHADI
· 1 menit baca
Memuat data...
AP PHOTO/JOSE BRETON

Pebalap Ducati, Luca Marini (10), dibayangi pebalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi (46), di ajang balap MotoGP seri Portugal di Sirkuit Internasional Algarve, Portimao, Minggu (18/4/2021).

Pensiun menjadi kata yang sangat sakral bagi Valentino Rossi karena kata itu membawa konsekuensi yang belum siap dihadapi oleh pebalap MotoGP berusia 42 tahun tersebut. Pada usia yang tidak muda lagi itu, dia masih memiliki berlimpah motivasi untuk meraih podium, merasakan kembali adrenalin yang mengalir cepat dalam perburuan podium. Perasaan itulah yang belum ingin dilepas oleh Rossi. Karena itu, wajar jika juara dunia sembilan kali di semua kelas itu selalu menyatakan dirinya akan pensiun jika tidak lagi kompetitif.

Musim lalu dia tidak memiliki kompetisi yang ideal untuk membawa kemampuannya dalam persaingan MotoGP karena penundaan balapan di awal pandemi Covid-19. Padahal, dia ingin melihat apakah dia masih bisa kompetitif—minimal mampu konsisten finis lima besar—sebelum memutuskan pensiun atau lanjut. Rossi mengakhiri musim 2020 dengan sangat buruk meskipun sempat mengawali musim lalu dengan podium ketiga pada balapan kedua di Jerez.

Editor: Wisnu Aji Dewabrata
Bagikan
Memuat data..