logo Kompas.id
OlahragaKeppres Kepanitiaan Terbit, Indonesia Gerak Cepat Kejar Brisbane

Keppres Kepanitiaan Terbit, Indonesia Gerak Cepat Kejar Brisbane

Pemerintah telah menerbitkan Keppres mengenai Panitia Pencalonan Indonesia sebagai Tuan Rumah Olimpiade 2032. Dengan Keppres itu, Indonesia diharapkan bisa mengejar Brisbane, Australia yang sudah melangkah lebih maju.

Oleh ADRIAN FAJRIANSYAH
· 1 menit baca
Memuat data...
AP PHOTO/RICK RYCROFT, FILE

Dokumentasi foto Agustus 2016 silam itu menunjukkan latar belakang pemandangan Opera House Sydney yang dihiasi warna kuning dan hijau khas seragam tim Olimpiade Australia. Kota Brisbane di Australia kini dalam status "diutamakan" dalam proses pencalonan tuan rumah Olimpiade 2032.

JAKARTA, KOMPAS – Untuk mewujudkan ambisi menjadi tuan rumah Olimpiade 2032, Presiden Joko Widodo menerbitkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2021 tentang Panitia Pencalonan Indonesia sebagai Tuan Rumah Olimpiade 2032 pada 13 April 2021. Melalui Keppres itu, Indonesia akan bergerak cepat untuk mengejar Brisbane, Australia yang sudah masuk tahap dialog ditargetkan dan diskusi lebih rinci untuk menjadi tuan rumah Olimpiade ke-35 tersebut.

Dalam salinan Keppres itu, Panitia Pencalonan Indonesia sebagai Tuan Rumah Olimpiade 2032 disebut INABCOG (Indonesia Bid Committee Olympic Games). Kepanitian itu terdiri dari pengarah diketuai Wakil Presiden dan beranggotakan kementerian serta lembaga terkait, penanggungjawab oleh Menteri Pemuda dan Olahraga, serta pelaksana diketuai Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) dan beranggotakan sejumlah unsur dari Kemenpora serta KOI.

Editor: Wisnu Aji Dewabrata
Bagikan
Memuat data..