logo Kompas.id
OlahragaKreativitas Jadi Penentu Eksistensi di 2021

Kreativitas Jadi Penentu Eksistensi di 2021

Dengan segala kreativitas sepanjang 2020, cabang atletik punya masa depan cerah menyambut tahun baru. Ide kreatif itu bisa menjadi modal untuk menjaga eksistensi mereka di tengah pandemi yang belum pasti kapan berakhir.

Oleh ADRIAN FAJRIANSYAH
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHO

Selebrasi dengan gaya menghormat dilakukan pelari putra Betmen Manurung saat masuki finis di urutan pertama pada Borobudur Marathon 2020 di Taman Wisata Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Minggu (15/11/2020). Pelari Betmen Manurung menjuarai katergori putra dengan catatan waktu 2 jam 42 menit. Sedangkan kategori putri dijuarai oleh pelari asal Tapanuli Utara, Pretty Sihite, dengan catatan waktu 3 jam 11 menit.

Walau sempat terdampak oleh pandemi Covid-19, cabang atletik khususnya nomor perlombaan lari jarak jauh menjadi salah satu kegiatan olahraga yang cepat beradaptasi dengan situasi pandemi. Berbagai ide kreatif muncul dari cabang induk olahraga itu sehingga sejumlah kejuaraan besar bisa kembali bergulir meski dengan banyak penyesuaian. Menyambut tahun baru, kreativitas mereka akan kembali menjadi faktor penentu menjaga eksistensi kejuaraan di tengah kondisi yang belum tentu segera normal.

Atletik menjadi cabang olahraga yang cepat bersahabat dengan situasi pandemi. Ide liar dari segenap pelaku cabang yang berjuluk "ibu olahraga" itu membuat mereka tidak terbenam dalam pesakitan wabah. Tatkala olahraga lain masih tertidur, ide tak wajar pengurus atletik membuat mereka bisa cepat keluar dari fase abnormal kendati dengan beragam kebijakan yang belum 100 persen normal.

Editor: Wisnu Aji Dewabrata
Bagikan
Memuat data..