logo Kompas.id
OlahragaDilema “Biosfer F1” bagi Hamilton

Dilema “Biosfer F1” bagi Hamilton

Balapan Formula 1 di Abu Dhabi menerapkan protokol ekstra ketat untuk menjamin “biosfer” yang steril dari virus korona tipe baru. Aturan itu bisa menghalangi Lewis Hamilton untuk tampil, meskipun pulih dari Covid-19.

Oleh AGUNG SETYAHADI
· 1 menit baca
Memuat data...
TOLGA BOZOGLU / POOL / AFP

Pebalap Mercedes, Lewis Hamilton, setelah memenangi Grand Prix F1 Bahrain di Sirkuit Internasional Bahrain, Sakhir, 29 November 2020. Hamilton menunggu hasil tes dan izin dari otoritas kesehatan Bahrain serta Uni Emirat Arab untuk bisa tampil pada seri penutup GP F1 di Yas Marina, Abu Dhabi, akhir pekan ini.

ABU DHABI, SELASA – Kompleks Sirkuit Yas Marina di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, menjadi seperti “penjara” dengan keamanan khusus saat rombongan Formula 1 tiba pada Senin (7/12/2020). Seluruh personel diisolasi di hotel dekat sirkuit dan tidak boleh keluar masuk area “biosfer” tersebut. Jalur dari hotel menuju sirkuit pun dijaga dan dipagar sehingga tidak ada akses bagi orang yang tidak memiliki kartu akses khusus yang dikeluarkan oleh pemerintah.

Abu Dhabi menerapkan lockdown selama pekan Formula 1 di area sekitar sirkuit Yas Marina dan hotel tempat para pebalap dan personel tim menginap. Penguncian area itu dilakukan mulai Senin, setelah rombongan Formula 1 tiba dari Bahrain. Personel tim terbang menggunakan 10 pesawat sewa, sedangkan para pebalap dan petinggi tim menggunakan jet pribadi.

Editor: Johanes Waskita Utama
Bagikan
Memuat data..