Tim pabrikan asal Austria KTM memasuki babak baru musim depan dengan melepas hak konsesi dan bersaing dengan tim mapan di MotoGP. Motor RC16 mereka bisa semakin kompetitif setelah meraih delapan podium musim ini.
Oleh
AGUNG SETYAHADI
·5 menit baca
ALGARVE, MINGGU — Miguel Oliveira menyempurnakan kebangkitan KTM dengan meraih kemenangan pada seri penutup MotoGP musim 2020 di Sirkuit Portimao, Portugal, Minggu (22/11/2020). Pebalap tuan rumah yang sangat mengenal Portimao itu melesat sejak start untuk meraih kemenangan keduanya di MotoGP setelah seri Styria di Austria. Hasil itu menjadi podium kedelapan bagi KTM, termasuk kemenangan Brad Binder pada seri Ceko.
Oliveira menunjukkan dominasinya sejak menjadi pebalap tercepat pada sesi latihan bebas pertama, Jumat. Pebalap tim satelit KTM Tech3 itu kemudian meraih posisi start terdepan saat kualifikasi, yang menjadi modal krusial meraih kemenangan di Portimao. Ini seri penutup sempurna bagi Oliveira, yang musim depan menjadi pebalap tim pabrikan KTM menggantikan Pol Espargaro yang pindah ke Repsol Honda.
”Ini seolah tidak nyata. Saya tidak punya kata-kata untuk mendeskripsikan ini. Terima kasih kepada semua orang yang telah mendukung saya. Ini perpisahan dengan Tech3 yang sangat bagus,” ujar pebalap asal Portugal itu.
”Saya optimistis dengan masa depan KTM karena paket (motor) ini bisa lebih bagus dan terbuka untuk modifikasi. Performa motor sangat bagus. Tentu lawan-lawan kami tidak akan tidur selama musim dingin, meraka akan bekerja keras. Persiangan di MotoGP sangat ketat, tak peduli tim pabrikan maupun satelit,” ujar Oliveira.
Kompetitif
KTM akan kehilangan hak konsesi mulai musim 2021, tetapi mereka masih bisa mengembangkan motor RC16. Hal itu sesuai dengan aturan pembekuan mesin dan aerodinamika hingga akhir musim depan akibat Covid-19, yakni tim yang kehilangan konsesi pada 2020 masih boleh mengembangkan mesinnya. Pengembangan itu akan membuat KTM menjadi lebih kompetitif karena tim-tim mapan, seperti Honda, Yamaha, Ducati, dan Suzuki, wajib menggunakan mesin yang disahkan pada Maret 2020.
Performa KTM RC16 dikuatkan oleh penampilan Oliveira yang membalap dengan kecepatan setiap putaran sangat bagus di Portimao. Dia tidak bisa dikejar oleh Jack Miller (Pramac Ducati) serta Franco Morbidelli (Petronas SRT Yamaha) yang finis kedua dan ketiga. Miller meraih posisi kedua setelah mendahului Morbidelli pada tikungan 13 pada lap terakhir. Hasil ini juga positif bagi Miller yang musim depan membela tim pabrikan Ducati. Podium kedua yang diraih oleh Miller juga membantu Ducati meraih gelar juara kontruktor pertama setelah 2007.
”Miguel di level yang lain hari ini. Saya berusaha mendahului Franco lebih awal, tetapi baru bisa melakukan di lap terakhir. Semoga kami bisa lebih kuat musim depan,” ujar Miller kepada MotoGP.
Bagi Morbidelli, finis ketiga memastikan dirinya menjadi runner-up di klasemen akhir dengan 158 poin. ”Cara yang sangat bagus untuk mengakhiri kejuaraan dunia dengan meraih podium. Kami melewati nasib buruk dan berbagai kesulitan, tetapi itu membuat kami lebih fokus dan bekerja lebih keras,” ujar pebalap asal Italia itu.
”Terkait balapan, Miguel tak tersentuh hari ini. Saya memeras seluruh potensi dan berusaha menjauh dari Jack, tetapi dia tetap di belakang saya dan mendahului, sayangnya saya tidak bisa mengambil alih lagi. Semoga meraih hasil lebih baik tahun depan,” ujar Morbidelli, yang pada 2021 akan setim dengan mentornya di Akademi VR46 Valentino Rossi.
Rossi yang berusaha tampil kompetitif dalam balapan perpisahan dengan tim pabrikan Yamaha hanya mampu finis di posisi ke-12 di belakang rekan setimnya, Maverick Vinales. Namun, pebalap berusia 41 tahun itu tetap mendapat sambutan meriah dari timnya di garasi, termasuk dari Direktur Pelaksana Yamaha Lin Jarvis.
Sambutan meriah juga diterima oleh Cal Crutchlow di garasi LCR Honda karena dia akan pensiun setelah balapan ini. Dia akan menjadi pebalap penguji Yamaha musim depan. Pebalap Ducati Andrea Dovizioso juga mendapat pelukan dari timnya karena dia akan meninggalkan tim pabrikan asal Italia itu. Dovizioso belum memiliki tim musim depan, dan kemungkinan besar akan menjalani masa sabatikal pada 2021 dan berusaha kembali pada 2022.
Dovizioso gagal mengakhiri kariernya di Ducati dengan gelar juara MotoGP. Dia kesulitan tampil kompetitif sehingga gelar juara diraih oleh pebalap Suzuki Ecstar, Joan Mir. Pebalap asal Spanyol itu mengunci gelar juara pada seri Valencia, pekan lalu. Mir menutup musim ini dengan 171 poin, dan tidak menyelesaikan balapan di Portimao karena masalah pada motornya.
Tidak mulus
Portimao tidak berjalan mulus bagi Suzuki karena Alex Rins yang menempati posisi ketiga klasemen akhir hanya bisa finis di posisi ke-15. Namun, seri pamungkas ini merupakan pencapaian besar Dorna Sports yang mampu menggulirkan MotoGP hingga 14 seri, dan 15 seri untuk Moto3 dan Moto2, di tengah pandemi Covid-19.
MotoGP musim ini bergulir terlambat akibat pandemi Covid-19. Seri pertama yang awalnya dijadwalkan bergulir di Losail, Qatar, pada 8 Maret, mundur hingga 19 Juli di Jerez, Spanyol. Seri perdana itu menjadi percontohan bagi penyelenggaraan seri-seri lainnya dalam operasional balapan sesuai dengan protokol kesehatan.
Kerja keras dari Dorna Sports itu memungkinkan MotoGP bergulir 14 seri di Eropa, dari jadwal semula 20 seri di benua Eropa, Asia, Australia, dan Amerika. Pencapaian ini mendapat penghormatan dari tim dan para pebalap yang disampaikan kepada CEO Dorna Sports Carmelo Ezpeleta menjelang balapan MotoGP di Portimao.
Musim ini dibuka dengan kejutan dari Yamaha yang memenangi balapan seri pembuka di Jerez. Pada balapan itu, favorit juara Marc Marquez terjatuh pada lap-lap akhir setelah mencapai posisi tiga dari posisi ke-19. Sejak itu, Marquez absen balapan hingga seri terakhir di Portimao karena cedera humerus atau tulang lengan atas sebelah kanan. Dia akan kembali musim depan, dan akan bersaing dengan juara musim ini Joan Mir, dan para pebalap top, seperti Fabio Quartararo, Maverick Vinales, Franco Morbidelli, serta Alex Rins.
Musim 2021 sementara ini dijadwalkan 20 seri dengan balapan pembuka di Qatar pada 28 Maret. Balapan kedua akan berlangsung di Argentina disusul seri Amerika, Spanyol, Perancis, Italia, Catalunya, Jerman, Belanda, Finlandia, Austria, Inggris Raya, Aragon, San Marino, Jepang, Thailand, Australia, Malaysia, dan seri penutup di Valencia pada 14 November. Dorna memasukkan tiga seri cadangan, Portugal, Rusia, dan Indonesia di sirkuit jalan raya Mandalika.