logo Kompas.id
NusantaraSaatnya Negara Memberikan...
Iklan

Saatnya Negara Memberikan Layanan Pelayaran yang Merata di Tanah Air

Memiliki wilayah luas dengan gugusan 17.000 pulau, tak mudah bagi RI mewujudkan pemerataan layanan transportasi laut.

Oleh
FRANSISKUS PATI HERIN
· 4 menit baca
Mesin pencetak <i>boarding pass</i> Penumpang Bandar Deli, Pelabuhan Belawan, Medan, Sumatera Utara, pada Selasa (27/2/2024). Disediakan lima mesin pencetak yang mempercepat pelayanan bagi calon penumpang.
KOMPAS/FRANSISKUS PATI HERIN

Mesin pencetak boarding pass Penumpang Bandar Deli, Pelabuhan Belawan, Medan, Sumatera Utara, pada Selasa (27/2/2024). Disediakan lima mesin pencetak yang mempercepat pelayanan bagi calon penumpang.

Sebagai negara kepulauan, transportasi laut menjadi salah satu ujung tombak untuk mobilitas penumpang dan barang. Namun, dengan bentang wilayah yang cukup luas dengan gugusan 17.000 pulau, tantangan untuk mewujudkan pemerataan layanan transportasi laut tidaklah mudah.

Selasa (27/2/2024) pukul 10.00, Kapal Motor Kelud yang dioperasikan PT Pelni (Persero) berlayar dari Pelabuhan Belawan, Medan, Sumatera Utara. Kapal yang mengangkut sekitar 2.200 penumpang itu hendak menuju Batam, Kepulauan Riau, pada lintasan sepanjang 379 mil laut atau sekitar 701,9 kilometer.

Editor:
CHRISTOPERUS WAHYU HARYO PRIYO
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000