logo Kompas.id
NusantaraNikmatnya Memilih di Jawa...
Iklan

Nikmatnya Memilih di Jawa Barat Dihadiahi Beragam Diskon

Pesta demokrasi di Jawa Barat kian semarak oleh pesta diskon di berbagai tempat kuliner dan wisata.

Oleh
MACHRADIN WAHYUDI RITONGA
· 4 menit baca
Informasi terkait promosi Election Date tersaji di dekat loket Kebun Binatang Bandung, Jawa Barat, Rabu (14/2/2024).
MACHRADIN WAHYUDI RITONGA

Informasi terkait promosi Election Date tersaji di dekat loket Kebun Binatang Bandung, Jawa Barat, Rabu (14/2/2024).

BANDUNG, KOMPAS — Puluhan juta warga Jawa Barat yang menggunakan hak pilihnya dalam Pemilihan Umum, Rabu (14/2/2024), berpeluang mendapatkan beragam promosi belanja, wisata, dan kuliner. Sejumlah tempat hiburan hingga makanan menawarkan diskon bagi warga yang telah menggunakan hak suara.

Pasangan Faris (25) dan Vira (20) mengunjungi Kebun Binatang Bandung seusai mencoblos. Mereka menggunakan kaus putih dan celana jins senada saat membeli tiket dan mendapatkan diskon hingga 20 persen.

Baca Berita Seputar Pemilu 2024
Pahami informasi seputar pemilu 2024 dari berbagai sajian berita seperti video, opini, Survei Litbang Kompas, dan konten lainnya.
Kunjungi Halaman Pemilu

”Kami tahu informasi ini dari media sosial tadi malam. Karena sudah lama tidak ke kebun binatang, setelah memilih, saya langsung menjemput Vira ke rumahnya di Kopo, Bandung, lalu menuju ke sini,” ujar Faris yang berasal dari Soreang, Kabupaten Bandung.

Setelah berkunjung ke kebun binatang, pasangan ini juga berencana mencari tempat makan yang ada diskon. Faris mengapresiasi tempat hiburan hingga kafe-kafe yang turut memeriahkan pemilu dengan mengeluarkan diskon.

”Tadi, ada juga diskon makanan di beberapa kafe. Jadi, seharian ini kami ingin memanfaatkannya. Ini kami anggap sebagai bentuk penghargaan kepada warga yang telah menggunakan hak pilihnya,” ujar Faris sambil tersenyum.

Baca juga: Dugaan Kampanye dan Politik Uang Marak Terjadi Jelang Pencoblosan

Bagi Faris, pemilu ini adalah momentum untuk menentukan pemimpin demi masa depan yang lebih baik. Dia berharap siapa pun pemimpin yang terpilih mampu membawa Indonesia lebih maju, tetapi tidak mengabaikan masyarakat pinggiran.

”Seperti saya yang tinggal di pinggir kota, kadang merasa ada masyarakat kecil yang terlupakan. Semoga pemimpin yang baru perhatiannya lebih merata,” ujarnya.

Sepasang pengunjung Kebun Binatang Bandung, Jawa Barat, menunjukkan jari bernoda tinta sebagai tanda sudah mengikuti pemilihan umum, Rabu (14/2/2024).
MACHRADIN WAHYUDI RITONGA

Sepasang pengunjung Kebun Binatang Bandung, Jawa Barat, menunjukkan jari bernoda tinta sebagai tanda sudah mengikuti pemilihan umum, Rabu (14/2/2024).

Pengunjung yang menggunakan baju pasangan dan menunjukkan tinta pemilu pada petugas loket akan mendapatkan diskon tiket masuk 20 persen.

Marketing Communication Bandung Zoological Garden atau Kebun Binatang Bandung, Sulhan Safii menjelaskan, promosi sehari ini mereka namai Promo Election Date. Selain dalam rangka pemilu, momen tersebut bertepatan dengan hari Valentine yang identik dengan pasangan dan kasih sayang.

Iklan

”Pengunjung yang menggunakan baju pasangan dan menunjukkan tinta pemilu pada petugas loket akan mendapatkan diskon tiket masuk 20 persen. Promosi ini untuk meramaikan momen pemilu, apalagi sebagian besar warga berlibur di hari ini,” ujarnya.

Baca juga: Pak Presiden, Jangan Pernah Ingkari Janji

Tak hanya Faris dan Vira, warga memanfaatkan diskon pemilu. David (29), warga Kecamatan Ujungberung, Kota Bandung, memilih untuk makan di luar bersama keluarga setelah menggunakan hak pilihnya. Dia memperoleh informasi terkait promosi di sejumlah kafe di Kota Bandung. Diskon yang diberikan bervariasi, mulai dari 14 persen atau potongan Rp 14.000, angka yang identik dengan tanggal Pemilu diadakan.

"Karena libur, habis mencoblos saya langsung ajak anak dan istri makan di luar. Lumayan banyak informasinya di media sosial. Ada roti, donat, sampai makan berat," ujarnya.

Menurut David, diskon kuliner di hari Pemilu cukup menghibur. Dia menganggap potongan ini sebagai bentuk penghargaan karena telah menggunakan hak untuk memilih pemimpin di masa depan.

"Siapa pun yang terpilih nanti, saya berharap bisa membawa Indonesia lebih baik. Pekerjaan gampang dicari, dan anak-anak bisa sekolah hingga pendidikan tinggi," katanya.

https://cdn-assetd.kompas.id/OFZhDqnVqMQc0J6flx3LlvKfglI=/1024x726/https%3A%2F%2Fasset.kgnewsroom.com%2Fphoto%2Fpre%2F2024%2F02%2F13%2Fbfba47ee-6105-4c57-b3de-6468d67782f8_png.png

Jutaan warga Jabar menjadi bagian dari Pemilu 2024. Komisi Pemilihan Umum (KPU) mencatat, daftar pemilih tetap (DPT) dari Jabar mencapai 35,7 juta jiwa dari total 204,8 juta para pemilih se-Indonesia. Semuanya terbagi dalam 140.457 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di 27 kabupaten dan kota.

Tetap berjalan

Ketua KPU Jabar Ummi Wahyuni menyatakan belum ada laporan penundaan proses pemilihan dari ratusan ribu TPS ini. Bahkan, pemilu di daerah terdampak bencana di Kabupaten Sumedang dan Kabupaten Majalengka tetap berjalan dengan relokasi di sejumlah tempat aman.

”Sudah ada mitigasi serta koordinasi di Sumedang dan Majalengka. Kami merelokasi TPS ke tempat yang tidak terdampak, tetapi tetap memperhatikan aksesibilitas pemilih dan disabilitas. Penggunaan aplikasi Sirekap diharapkan bisa memangkas waktu,” ujar Ummi.

Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin menggunakan hak pilihnya di TPS 15, Kelurahan Kacapiring, Kecamatan Batununggal, Kota Bandung, Jabar, Rabu (14/2/2024).
MACHRADIN WAHYUDI RITONGA

Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin menggunakan hak pilihnya di TPS 15, Kelurahan Kacapiring, Kecamatan Batununggal, Kota Bandung, Jabar, Rabu (14/2/2024).

Penjabat Gubernur Jabar Bey Machmudin juga meminta masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya dan menjadi pemilih cerdas. Dia berharap pemilu berjalan lancar. Pihaknya juga mewaspadai cuaca ekstrem.

”Saya memantau di grup bupati dan wali kota se-Jabar. Memang, kondisinya hujan di beberapa titik. Saya harap semua, termasuk yang muda, untuk segera menentukan hak pilihnya. Jangan sampai kehilangan hak pilih. Sebab, satu suara menentukan masa depan,” ujarnya.

Baca juga: Sukarela demi Pemilu Adil dan Setara untuk Semua

Editor:
IRMA TAMBUNAN
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000