logo Kompas.id
NusantaraKembali Keliling Jatim,...
Iklan

Kembali Keliling Jatim, Muhaimin Ingin Maksimalkan Dukungan

Calon wakil presiden dari nomor urut 1, Abdul Muhaimin Iskandar, kembali berkeliling Jawa Timur yang merupakan kampung halamannya untuk memaksimalkan perolehan dukungan dari masyarakat.

Oleh
RUNIK SRI ASTUTI
· 3 menit baca
Cawapres Abdul Muhaimin Iskandar melayani foto bersama pengunjung makam Sunan Ampel Surabaya, Jatim, Sabtu (6/1/2024).
RUNIK SRI ASTUTI

Cawapres Abdul Muhaimin Iskandar melayani foto bersama pengunjung makam Sunan Ampel Surabaya, Jatim, Sabtu (6/1/2024).

SURABAYA, KOMPAS — Calon wakil presiden dari nomor urut 1, Abdul Muhaimin Iskandar, kembali berkeliling Jawa Timur yang merupakan kampung halamannya untuk memaksimalkan perolehan dukungan dari masyarakat. Dari menyapa pedagang di Pasar Citra Niaga Jombang, mengunjungi penderita kaki gajah di Mojokerto, hingga berziarah di makam Sunan Ampel Surabaya.

Muhaimin mengaku rutin berziarah di makam Sunan Ampel Surabaya. Kedatangannya untuk mendoakan Sunan Ampel. Selain itu, ia menitipkan doa keselamatan dan kesuksesan.

Baca Berita Seputar Pemilu 2024
Baca Berita Seputar Pemilu 2024
Pahami informasi seputar pemilu 2024 dari berbagai sajian berita seperti video, opini, Survei Litbang Kompas, dan konten lainnya.
Kunjungi Halaman Pemilu

”Rutin aja sering ke sini. Ya berdoa ya bersilaturahmi. Selalu kalau sowan Sunan Ampel membaca doa,” ujar Muhaimin yang dalam kunjungannya itu didampingi istrinya dan Ketua Timses Amin Jatim, Thoriqul Haq.

Selain berziarah, Muhaimin juga mengunjungi Pasar Citra Niaga di Jombang dan bertemu dengan penderita penyakit kaki gajah di Mojokerto. Terkait kampanyenya di Jatim, ia mengatakan, ”Bumi Majapahit” tersebut merupakan ”rumahnya”.

Baca juga: Anies Muhaimin Goyang Basis Prabowo di Jawa Barat

Karena itu, dia optimistis masyarakat Jatim mendukungnya dalam Pemilihan Presiden 2024. Alasannya, masyarakat Jatim pasti ikut bangga apabila ada bagian dari keluarga mereka yang ikut kontestasi dalam pemilihan presiden dan wakil presiden.

Cawapres Abdul Muhaimin Iskandar saat berziarah di makam Sunan Ampel di Surabaya, Jatim, Sabtu (6/1/2024). Muhaimin didampingi istrinya dan mantan Bupati Lumajang Thoriqul Haq.
RUNIK SRI ASTUTI

Cawapres Abdul Muhaimin Iskandar saat berziarah di makam Sunan Ampel di Surabaya, Jatim, Sabtu (6/1/2024). Muhaimin didampingi istrinya dan mantan Bupati Lumajang Thoriqul Haq.

”Saya kira (dukungan) pasti ke saya. Soal bagaimana nanti kita lihat (hasilnya) pada 14 Februari 2024,” kata mantan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi tersebut.

Iklan

Sebelum ke Surabaya, Ketua Umum PKB itu mengunjungi Pasar Citra Niaga Jombang. Dia membeli barang dagangan pedagang dan membagikannya kepada masyarakat di sekitarnya. Adapun pesan yang disampaikan ialah ajakan agar semua orang saling menjaga dan memberi.

Saya senang sekali, ini menjadi tradisi yang baik. Kita dukung saling berbagi, gotong royong

Alasannya, sikap gotong royong dan solidaritas sudah menjadi tradisi nenek moyang Indonesia sehingga harus selalu dilestarikan. Sikap itu pula yang menjadi kunci keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) hingga sekarang ini.

”Saya senang sekali, ini menjadi tradisi yang baik. Kita dukung saling berbagi, gotong royong,” ujar Muhaimin.

Baca juga: Muhaimin Iskandar Bertemu Nelayan Jakarta Utara

Pasar Citra Niaga Jombang dipilih karena sangat ramai pedagang dan pengunjung. Muhaimin kemudian mendengarkan berbagai keluh kesah pedagang dan harapan mereka tentang perubahan yang lebih baik di berbagai sektor, seperti ekonomi, pendidikan, dan kesejahteraan sosial.

Cawapres Abdul Muhaimin Iskandar bertemu dengan pedagang di Pasar Citra Niaga Jombang, Sabtu (6/1/2024).
DOKIMENTASI TIM KAMPANYE DAERAH

Cawapres Abdul Muhaimin Iskandar bertemu dengan pedagang di Pasar Citra Niaga Jombang, Sabtu (6/1/2024).

Pendamping capres Anies Rasyid Baswedan ini menegaskan komitmennya untuk mendengarkan aspirasi rakyat dan bekerja keras demi kemajuan bersama. Kedatangannya ini menjadi momen untuk mengakrabkan pemimpin dengan rakyat dan menciptakan energi positif di tengah-tengah masyarakat.

”Kami sangat senang melihat Gus Imin (Muhaimin) datang ke sini. Kami berharap beliau dapat membawa angin segar dan perubahan yang positif bagi masyarakat Indonesia,” kata Siti Aminah, salah satu pedagang.

Dari Jombang, Muhaimin bertolak mengunjungi Siti Lailul Afidah, penderita penyakit kaki gajah di Desa Karangasem, Kecamatan Kutorejo, Mojokerto. Siti selama sembilan tahun terakhir menderita penyakit itu. Kondisi kakinya yang besar sebelah mengganggu aktivitasnya sehari-hari.

Untuk meringankan beban Siti, cawapres Muhaimin menyerahkan bantuan kursi roda. Selain itu, juga bantuan biaya perawatan dan fasilitasi percepatan penanganan di RSUD dr Soetomo, Surabaya

Baca juga: Dwitunggal Mantan Aktivis Mahasiswa Tawarkan Perubahan

Editor:
CHRISTOPERUS WAHYU HARYO PRIYO
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000