Penumpang Bakal Meningkat, Pelindo Perketat Protokol Kesehatan Libur Natal-Tahun Baru
Pelindo Regional 4 memperkirakan peningkatan 23 persen jumlah penumpang selama libur Natal dan Tahun Baru. Protokol kesehatan diterapkan di semua pelabuhan.
Oleh
RENY SRI AYU ARMAN
·2 menit baca
MAKASSAR, KOMPAS — Jumlah penumpang di semua pelabuhan yang dikelola Pelindo Regional 4 selama libur Natal dan Tahun Baru kali ini diperkirakan meningkat 23 persen dibandingkan tahun lalu. Selain menjamin arus transportasi berjalan lancar, protokol kesehatan di pelabuhan diterapkan untuk semua penumpang.
Data dari 20 cabang pelabuhan yang dikelola Pelindo Regional 4 di Kawasan Timur Indonesia dan Kalimantan menunjukkan, pada periode H-15 hingga H+15 tahun lalu terdapat 688.831 penumpang. Penumpang terbanyak ada di Pelabuhan Makassar, yakni 83.860 orang, Pelabuhan Parepare (72.527), dan Pelabuhan Ambon (64.904).
Enriany Muis, Regional Head 4 Pelindo, Senin (18/12/2023), mengatakan, minat masyarakat menggunakan transportasi laut diperkirakan akan meningkat pada masa Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Fenomena itu sesuai tren yang terus bertambah dari tahun ke tahun.
Terkait itu, salah satu yang bakal menjadi perhatiannya adalah penerapan protokol kesehatan. Dia menjamin personel yang bertugas dalam kedaan sehat. Terminal penumpang juga akan dijaga kebersihannya. Pos dan tenda pemeriksaan kesehatan juga akan dibuat di pintu keluar-masuk terminal penumpang.
”Kami akan bekerja sama dengan kantor kesyahbandaran dan otoritas pelabuhan, kantor kesehatan pelabuhan, dan instasi pemerintah terkait lainnya untuk menyiapkan posko bersama di area pelabuhan,” katanya.
Division Head Pelayanan Operasi Pelindo Regional 4 Yusida M Palesang mengatakan, pada masa libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, jumlah penumpang meningkat 163,04 persen ketimbang setahun sebelumnya. Dari 422.494 penumpang menjadi 688.831 penumpang.
Peningkatan itu seiring bertambahnya kunjungan kapal, dari 967 kali di 2021 menjadi 971 kali pada 2022. Tiga kunjungan kapal terbanyak adalah Manado (138), menyusul Ternate (126), dan Kendari (92).
Sebelumnya, pada awal Oktober 2023, PT Pelni melakukan alih fungsi loket pembelian tiket kapal di tiga kantor cabang, yakni Makassar, Surabaya, dan Jakarta, dari manual ke digital. Calon penumpang kini memesan tiket lewat Pelni Mobile dan situs PT Pelni.
Kala itu, Vice President PT Pelni Presda Simangasing mengatakan, kebijakan ini akan dievaluasi setelah masa libur Natal dan Tahun Baru. Tanggapan penumpang akan menjadi patokan apakah pemesanan tiket digital ini akan diterapkan di seluruh kantor cabang atau tidak.
”Pembelian tiket berbasis aplikasi ini dilakukan Pelni untuk meningkatkan pelayanan. Hal ini seiring kian bertumbuhnya minat orang untuk berpergian menggunakan kapal laut,” katanya.