logo Kompas.id
NusantaraHindari Tersesat di Labirin...
Iklan

Hindari Tersesat di Labirin Informasi, Literasi Mahasiswa Dikuatkan

Literasi digital dinilai penting bagi masyarakat, khususnya mahasiswa, dalam menghadapi banjir informasi. Agar tidak terjebak pada labirin informasi, mahasiswa diajak untuk mengakses informasi dari sumber tepercaya.

Oleh
KRISTI DWI UTAMI
· 3 menit baca
Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro, Semarang, Teguh Yuwono menerima plakat seremonial penyerahan 500 <i>subscribes</i> Kompas.id dari Presiden Direktur Pertamina Foundation Agus Mashud S Asngari disaksikan Redaktur Pelaksana Harian <i>Kompas</i> Adi Prinantyo (kiri) serta Senior Staff to Deputy Publisher Ayu Kartika Indarti (kanan) dalam acara seminar literasi digital di Auditorium FISIP Universitas Diponegoro, Kota Semarang, Jawa Tengah, Rabu (24/5/2023). Seminar berjudul Labirin Informasi, Tersesat atau Melesat” yang diselenggarakan harian <i>Kompas</i>, PT Pertamina, dan Undip ini mengangkat tema bagaimana menyikapi membanjirnya informasi di kanal media digital. Mahasiswa diharapkan lebih melek literasi dengan memilah sumber media untuk mencari kebenaran.
KOMPAS/P RADITYA MAHENDRA YASA

Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro, Semarang, Teguh Yuwono menerima plakat seremonial penyerahan 500 subscribes Kompas.id dari Presiden Direktur Pertamina Foundation Agus Mashud S Asngari disaksikan Redaktur Pelaksana Harian Kompas Adi Prinantyo (kiri) serta Senior Staff to Deputy Publisher Ayu Kartika Indarti (kanan) dalam acara seminar literasi digital di Auditorium FISIP Universitas Diponegoro, Kota Semarang, Jawa Tengah, Rabu (24/5/2023). Seminar berjudul Labirin Informasi, Tersesat atau Melesat” yang diselenggarakan harian Kompas, PT Pertamina, dan Undip ini mengangkat tema bagaimana menyikapi membanjirnya informasi di kanal media digital. Mahasiswa diharapkan lebih melek literasi dengan memilah sumber media untuk mencari kebenaran.

SEMARANG, KOMPAS — Ratusan mahasiswa Universitas Diponegoro di Kota Semarang, Jawa Tengah, diingatkan kembali akan pentingnya literasi agar tak tersesat dalam labirin informasi. Upaya yang bisa dilakukan agar tak tersesat ialah cermat dan selektif terhadap informasi, memilih sumber tepercaya, serta menyebarkan informasi yang sudah terverifikasi kebenarannya.

Sebanyak 500 mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Diponegoro (Undip) antusias mengikuti seminar literasi digital bertajuk ”Labirin Informasi, Tersesat atau Melesat” yang diselenggarakan Undip bekerja sama dengan PT Pertamina dan harian Kompas pada Rabu (24/5/2023) di Kota Semarang. Pada kegiatan itu, hadir sejumlah narasumber, yakni Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan FISIP Undip Teguh Yuwono, Presiden Direktur Pertamina Foundation Agus Mashud S Asngari, dan Redaktur Pelaksana Harian Kompas Adi Prinantyo.

Editor:
AUFRIDA WISMI WARASTRI
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000