logo Kompas.id
โ€บ
Nusantaraโ€บCuaca Ekstrem, Sulut Rawan...
Iklan

Cuaca Ekstrem, Sulut Rawan Bencana hingga Sepekan ke Depan

Potensi bencana hidrometeorologi membayangi setidaknya 13 dari 15 kabupaten dan kota di Sulut hingga sepekan ke depan akibat fenomena La nina. Pemerintah daerah diimbau memitigasi bencana dengan memperbaiki drainase.

Oleh
KRISTIAN OKA PRASETYADI
ยท 3 menit baca
Ilustrasi-Tim Badan Pencarian dan Penyelamatan Nasional (Basarnas) berusaha mencari seorang korban di bawah longsoran tanah dan beton di wilayah Malalayang Satu Barat, Manado, Sulawesi Utara, Sabtu (16/1/2021). Setidaknya empat orang dinyatakan tewas akibat longsor di dua kecamatan di Manado, sedangkan satu orang  dalam pencarian.
KOMPAS/KRISTIAN OKA PRASETYADI

Ilustrasi-Tim Badan Pencarian dan Penyelamatan Nasional (Basarnas) berusaha mencari seorang korban di bawah longsoran tanah dan beton di wilayah Malalayang Satu Barat, Manado, Sulawesi Utara, Sabtu (16/1/2021). Setidaknya empat orang dinyatakan tewas akibat longsor di dua kecamatan di Manado, sedangkan satu orang dalam pencarian.

TOMOHON, KOMPAS โ€” Potensi bencana hidrometeorologi membayangi setidaknya 13 dari 15 kabupaten dan kota di Sulawesi Utara hingga sepekan ke depan akibat fenomena La Nina. Pemerintah daerah diimbau untuk memitigasi bencana, salah satunya dengan memperbaiki sistem drainase.

Kepala Stasiun Meteorologi Sam Ratulangi Manado Dhira Utama menyatakan, musim hujan di Sulut kemungkinan besar diwarnai cuaca ekstrem hingga Minggu (13/11/2022). Beberapa bentuknya antara lain hujan lebat, angin kencang, puting beliung, dan hujan es.

Editor:
CHRISTOPERUS WAHYU HARYO PRIYO
Bagikan