logo Kompas.id
NusantaraWajah Produk Lokal dalam...
Iklan

Wajah Produk Lokal dalam Segelas Jamu

Jamu merupakan salah satu produk lokal yang bernilai kultural. Pengembangan jamu pun harus mengikuti perkembangan zaman agar tetap dapat diterima pasar dan bertahan.

Oleh
KRISTI DWI UTAMI, AGUIDO ADRI, IQBAL BASYARI, RINI KUSTIASIH
· 7 menit baca
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Ketua Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia yang juga Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto, dan sejumlah wali kota yang hadir minum jamu sejenak ketika jalan sehat di acara pertemuan Apeksi di Kebun Raya Bogor, Kota Bogor, Jawa Barat, Sabtu (3/9/2022). Pertemuan para wali kota anggota Apeksi yang bekerja sama dengan harian <i>Kompas</i> ini juga dihadiri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dan Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Abdullah Azwar Anas. Acara pertemuan ini dibuka dengan jalan santai bersama berkeliling Kebun Raya Bogor. Pertemuan yang dihadiri 11 wali kota ini juga digelar diskusi Mengoptimalkan Pemanfaatan Produk Lokal demi Pemulihan Ekonomi dan Antisipasi Resesi.
KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHO

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Ketua Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia yang juga Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto, dan sejumlah wali kota yang hadir minum jamu sejenak ketika jalan sehat di acara pertemuan Apeksi di Kebun Raya Bogor, Kota Bogor, Jawa Barat, Sabtu (3/9/2022). Pertemuan para wali kota anggota Apeksi yang bekerja sama dengan harian Kompas ini juga dihadiri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dan Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Abdullah Azwar Anas. Acara pertemuan ini dibuka dengan jalan santai bersama berkeliling Kebun Raya Bogor. Pertemuan yang dihadiri 11 wali kota ini juga digelar diskusi Mengoptimalkan Pemanfaatan Produk Lokal demi Pemulihan Ekonomi dan Antisipasi Resesi.

Jamu kunir asem buatan Tuminah (77), Sabtu (3/9/2022) pagi itu, menjadi primadona bagi sejumlah petinggi daerah yang sedang berjalan kaki di Kebun Raya Bogor, Kota Bogor, Jawa Barat. Pedagang jamu gendong asli Sukoharjo, Jawa Tengah, itu ketiban rezeki nomplok.

”Siap-siap tekuk kanan!” ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno setengah memberi aba-aba. Namun, puluhan fotografer dan tim humas kementerian dan pemerintah kota yang mengabadikan kegiatannya seperti tidak memahami maksud Sandi. Setelah tanjakan di salah satu segmen Kebun Raya Bogor, Sandi yang pagi itu menikmati kegiatan jalan kaki santai dalam acara City Leaders community Kompas Collaboration Forum (KCF) yang bekerja sama dengan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) langsung menikung tajam menuju sudut kebun. Di sana seorang perempuan mengenakan kebaya dan jarit batik sedang duduk menghadap botol-botol berisi jamu.

Editor:
RINI KUSTIASIH
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000