logo Kompas.id
NusantaraAntisipasi Pemudik, Posko PPKM...
Iklan

Antisipasi Pemudik, Posko PPKM Mikro Tingkat Desa Diaktifkan Lagi di Brebes

Posko PPKM mikro di setiap desa di Brebes, Jawa Tengah, akan kembali diaktifkan untuk mendata dan mengecek kelengkapan persyaratan perjalanan pemudik. Saat akan kembali ke perantauan, pengecekan serupa juga dilakukan.

Oleh
KRISTI UTAMI
· 3 menit baca
https://dmm0a91a1r04e.cloudfront.net/ASLs-u_ZHjbOSaC7UBaB52vQSEQ=/1024x673/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2021%2F03%2F9228398a-8ca6-45a5-bf3d-dca69d9413d3_jpg.jpg
KOMPAS/KRISTI DWI UTAMI

Anggota Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Desa Mindaka, Kecamatan Tarub, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, membukakan portal bagi masyarakat yang keluar kampung, Sabtu (13/3/2021). Di desa tersebut, masyarakat yang hendak masuk dan keluar dicek suhu tubuhnya, diminta mencuci tangan, dan diwajibkan memakai masker. Selama masa pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat berskala mikro, desa yang dijadikan sebagai kampung percontohan tersebut mampu menekan kasus aktif di wilayahnya dari 27 kasus menjadi 0 kasus.

BREBES, KOMPAS — Kepolisian Resor Brebes, Jawa Tengah, dan pemerintah setempat kembali mengaktifkan posko pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat mikro di desa-desa selama libur Natal dan Tahun Baru. Petugas di posko PPKM mikro itu bertugas mendata pemudik yang tiba di desa dan memastikan mereka memenuhi syarat-syarat perjalanan.

Tiga hari jelang hari Natal, sejumlah pemudik telah tiba di berbagai daerah di Jateng. Berdasarkan hasil pendataan Kepolisian Daerah Jateng, sebanyak 297 pemudik telah tiba sejak 6-20 Desember. Kedatangan pemudik yang jumlahnya diperkirakan terus bertambah itu diantisipasi Polres Brebes dan pemerintah setempat dengan mengaktifkan kembali posko PPKM mikro di setiap desa.

Editor:
Gregorius Magnus Finesso
Bagikan