logo Kompas.id
NusantaraTingkatkan Keamanan Kawasan, ASEAN-Rusia Latihan Tempur di Selat Malaka

Tingkatkan Keamanan Kawasan, ASEAN-Rusia Latihan Tempur di Selat Malaka

Angkatan laut negara-negara ASEAN latihan tempur besama Rusia di Medan. Rusia menekankan tidak ada agenda tersembunyi di balik latihan itu, selain untuk membangun persahabatan dan meningkatkan keamanan kawasan.

Oleh
NIKSON SINAGA
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/NIKSON SINAGA

Angkatan laut ASEAN dan Rusia mengikuti pembukaan ASEAN-Russia Naval Exercise 2021 di perairan Belawan, Medan, Sumatera Utara, Rabu (1/2/2021). Latihan itu baru pertama kali dan diharapkan bisa meningkatkan keamanan kawasan.

MEDAN, KOMPAS – Angkatan Laut Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara atau ASEAN melakukan latihan tempur bersama Angkatan Laut Rusia di perairan Selat Malaka, Sumatera Utara. Latihan yang baru pertama kali dilaksanakan itu mendatangkan kapal perang dari ASEAN dan juga Rusia. Hubungan itu diharapkan bisa meningkatkan keamanan laut kawasan.

”ASEAN-Russia Naval Exercise 2021 sangat penting untuk persahabatan, keamanan kawasan, stabilitas maritim, menjamin aktivitas ekonomi, navigasi sipil, menekan penyelundupan narkoba, dan juga imigran gelap,” kata Panglima Komando Armada I Laksamana Muda TNI Arsyad Abdullah di Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) I Belawan, Rabu (1/12/2021).

Editor:
aufrida wismi
Bagikan