logo Kompas.id
NusantaraLayanan Tol Laut Logistik...
Iklan

Layanan Tol Laut Logistik Membaik, Pelni Minta Pemerintah Berperan Lebih

Layanan logistik tol laut yang dijalankan PT Pelni selama 2021 menunjukkan perkembangan positif, terutama di Sulut. Namun, PT Pelni meminta pemerintah pusat dan daerah berperan lebih banyak untuk mengefektifkan layanan.

Oleh
KRISTIAN OKA PRASETYADI
· 5 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/BWMovxjQIi6krALsbLly077n1pg=/1024x684/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2021%2F10%2F2586b0d8-57f7-4d59-8d10-f021ec2984e7_jpg.jpg
KOMPAS/KRISTIAN OKA PRASETYADI

Peti kemas tol laut dinaikkan ke kapal di Pelabuhan Bitung, Sulawesi Utara, 14 Agustus 2021.

MANADO, KOMPAS — Layanan logistik tol laut yang dijalankan PT Pelayaran Nasional Indonesia atau Pelni selama 2021 menunjukkan perkembangan positif, terutama di wilayah Sulawesi Utara. Namun, PT Pelni meminta pemerintah pusat dan daerah berperan lebih banyak agar layanan lebih efektif dan tepat waktu.

Dihubungi dari Manado, Jumat (19/11/2021), Direktur Usaha Angkutan Barang dan Tol Laut PT Pelni Yahya Kuncoro enggan menyebut nilai subsidi yang diterima dari pemerintah untuk mengisi 10 dari total 26 trayek tol laut logistik. Namun, muatan yang diangkut semakin banyak dibandingkan tahun lalu, baik yang dibawa dari Jawa ke daerah tertinggal, terpencil, terluar, dan perbatasan (3TP) maupun sebaliknya.

Editor:
Cornelius Helmy Herlambang
Bagikan
Logo Kompas
Logo iosLogo android
Kantor Redaksi
Menara Kompas Lantai 5, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 5347 710
+6221 5347 720
+6221 5347 730
+6221 530 2200
Kantor Iklan
Menara Kompas Lantai 2, Jalan Palmerah Selatan 21, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270.
+6221 8062 6699
Layanan Pelanggan
Kompas Kring
+6221 2567 6000