logo Kompas.id
NusantaraCurah Hujan Tinggi hingga Januari, Waspadai Banjir di Cirebon

Curah Hujan Tinggi hingga Januari, Waspadai Banjir di Cirebon

Curah hujan tinggi diperkirakan terjadi di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, hingga Januari 2022. Pemerintah daerah dan masyarakat diminta waspada terhadap banjir.

Oleh
ABDULLAH FIKRI ASHRI
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/ABDULLAH FIKRI ASHRI

Warga melintasi banjir di Desa Suranenggala Kulon, Kecamatan Suranenggala, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Selasa (19/1/2021). Sekitar 1.100 rumah terendam banjir hingga ketinggian lebih dari 1 meter di daerah tersebut. Banjir berlangsung sejak Minggu (17/1/2021).

CIREBON, KOMPAS — Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Stasiun Meteorologi Kertajati memprediksi curah hujan meningkat di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, hingga Januari 2022 seiring fenomena La Nina. Pemerintah Kabupaten Cirebon pun mengantisipasi bencana hidrometeorologi, terutama di empat wilayah rawan banjir.

Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Kertajati Devi Ardiansyah mengatakan, Cirebon saat ini memasuki musim hujan dan diperkirakan berlangsung hingga Januari 2022. ”Ini perlu diwaspadai karena ada indikasi fenomena La Nina yang akan menambah curah hujan,” ucap Devi setelah rapat koordinasi antisipasi bencana, Kamis (18/11/2021), di Kantor Bupati Cirebon.

Editor:
Cornelius Helmy Herlambang
Bagikan