logo Kompas.id
NusantaraRampung 2023, Rel Ganda Layang Simpang Joglo Tekan Kemacetan di Surakarta

Rampung 2023, Rel Ganda Layang Simpang Joglo Tekan Kemacetan di Surakarta

Jalur ganda rel layang akan dibangun di Simpang Joglo, Kota Surakarta. Menurut rencana, pembangunan bakal dirampungkan dalam kurun waktu dua tahun. Infrastruktur ini untuk mengurangi kemacetan di Surakarta.

Oleh
NINO CITRA ANUGRAHANTO
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO

Kereta rel listrik yang akan diuji coba diparkir di Stasiun Klaten, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Jumat (4/12/2020). Kegiatan sosialisasi keamanan berkendara di sejumlah pelintasan sebidang jalur kereta api Solo-Yogyakarta terus dilakukan menjelang pengoperasian kereta rel listrik (KRL) di jalur tersebut. 

SURAKARTA, KOMPAS — Rel ganda layang kereta api bakal dibangun di Simpang Joglo, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Menurut rencana, pembangunan prasarana tersebut rampung 2023 dan diharapkan turut mengurangi kemacetan di wilayah utara Surakarta tersebut.

Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Wilayah Jawa Tengah Putu Sumarjaya menyampaikan, rel layang itu menjadi bagian dari pembangunan jalur ganda (double track) fase I Semarang–Solo. Pembangunan jalur ganda didorong oleh potensi perjalanan kereta api yang meningkat di wilayah tersebut. Desain jalur ganda itu juga dibuat melayang di atas persimpangan jalan yang lalu lintasnya kerap padat.

Editor:
Gregorius Magnus Finesso
Bagikan