logo Kompas.id
NusantaraHampir Seabad Mati, Jalur Naras-Sungai Limau di Sumbar Diaktifkan Lagi

Hampir Seabad Mati, Jalur Naras-Sungai Limau di Sumbar Diaktifkan Lagi

Jalur kereta api sepanjang 7,5 kilometer akan mulai ditertibkan tahun depan dan dikerjakan tahun 2023. Jalur itu layak diaktifkan kembali karena banyak manfaat yang bernilai ekonomi bagi warga sekitar.

Oleh
YOLA SASTRA
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/YOLA SASTRA

Pekerja sedang menyetel ketinggian rel kereta api (angkat listring) di Kelurahan Sawahan, Padang Timur, Padang, Sumatera Barat, Kamis (16/1/2020). Jalur kereta api sepanjang 2,8 kilometer yang direaktivasi ini menghubungkan Stasiun Padang dan Stasiun Pulau Air dekat Kota Tua Padang.

PADANG, KOMPAS — Kementerian Perhubungan segera mengaktifkan kembali jalur kereta  Naras-Sungai Limau di Sumatera Barat. Reaktivasi jalur sepanjang 7,5 kilometer yang mati sejak 1927 itu sudah diusulkan Balai Teknik Perkeretaapian Sumbar. Penertiban jalur diperkirakan mulai tahun depan dan pengerjaan dimulai 2023.

Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Sumbar Kemenhub Suranto, Senin (15/11/2021), di Padang, mengatakan, reaktivasi jalur Naras (Pariaman)-Sungai Limau (Padang Pariaman) itu masuk dalam rencana strategis Kemenhub. Pihaknya sudah mengusulkan reaktivasi jalur, beberapa waktu lalu.

Editor:
Gregorius Magnus Finesso
Bagikan