logo Kompas.id
NusantaraDi Banyumas, Sampah Diolah Menjadi Bahan Baku Pembuatan Pos Keamanan

Di Banyumas, Sampah Diolah Menjadi Bahan Baku Pembuatan Pos Keamanan

Pos keamanan dibangun dari material berbahan sampah di Wangon, Banyumas, Jawa Tengah. Sampah bisa diolah jadi barang ekonomis dengan sentuhan teknologi tepat guna serta kemauan masyarakat untuk mengelola sampah.

Oleh
megandika wicaksono
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/WILIBRORDUS MEGANDIKA WICAKSONO

Sebuah pos keamanan dari sampah organik dan anorganik dibangun di Wangon, Banyumas, Jawa Tengah, Rabu (27/10/2021). Masyarakat setempat bekerja sama dengan Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan (Poltekkes Kemenkes) Semarang untuk mengelola sampah jadi bahan bernilai ekonomis.

Sampah sisa aktivitas manusia memiliki banyak potensi berguna saat dibubuhi kreativitas dan kepedulian pada lingkungan. Di Wango, Banyumas, Jawa Tengah, sampah organik dan anorganik menjadi bahan utama pembuatan pos keamanan warga.

Ukurannya juga tidak main-main. Dengan panjang 4 meter, lebar 3 meter, dan tinggi 3 meter, bahan bangunan seperti bata, genteng, dan keramik dibuat dari sampah sebanyak 3 ton yang sebelumnya kerap dibuang percuma. Dalam proses pembuatannya, warga dibantu pihak Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan (Poltekkes Kemenkes) Semarang.

Editor:
Cornelius Helmy Herlambang
Bagikan