logo Kompas.id
NusantaraMenanti Episode Teknologi Baru Mengangkat Lumbung Pangan

Menanti Episode Teknologi Baru Mengangkat Lumbung Pangan

Sejumlah teknologi pertanian dipamerkan pada petani di Cirebon, Jawa Barat. Semua diperlihatkan saat petani masih terlilit hasil panen yang minim, sistem irigasi tidak ideal, hingga harga gabah belum ideal.

Oleh Abdullah Fikri Ashri
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/ABDULLAH FIKRI ASHRI

Petani mengoperasikan mesin tanam padi dalam rangka peringatan Hari Pangan Sedunia ke-41 di Jagapura, Kecamatan Gegesik, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Senin (25/10/2021). Teknologi pertanian dapat memudahkan kerja petani.

Puluhan warga memadati pinggir Jalan Raya Jagapura, Gegesik, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Senin (25/10/2021). Di bawah terik mentari dan di antara mobil pejabat yang parkir, mereka duduk manis beralaskan rumput. Mata mereka menonton pertunjukan anyar di tengah sawah yang becek.

Bukan wayang atau konser musik yang mereka saksikan, melainkan demo alat dan mesin pertanian. Alat-alat itu dioperasikan dalam peringatan Hari Pangan Sedunia ke-41. Bahkan, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan Wakil Bupati Cirebon Wahyu Tjiptaningsih ikut mengendarai mesin panen padi (combine harvester).

Editor: Cornelius Helmy Herlambang
Bagikan