logo Kompas.id
NusantaraDitemukan Dugaan Kecurangan CASN di Buol, Komputer Dipasangi ”Remote Access”

Ditemukan Dugaan Kecurangan CASN di Buol, Komputer Dipasangi ”Remote Access”

Kecurangan pada ujian CASN di Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah, terungkap dari rekaman pengamat CCTV meski rekaman itu sebelumnya sempat dihapus. Kecurangan ini diduga libatkan Kepala BKPSDM kabupaten setempat. 

Oleh
PRAYOGI DWI SULISTYO
· 1 menit baca
Memuat data...
Kompas/Bahana Patria Gupta

Ilustrasi. Peserta tes seleksi kompetensi dasar (SKD) CPNS Kota Surabaya bersiap mengerjakan soal di GOR Pancasila, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (21/9/2021). Sebanyak 1.417 peserta mengikuti tes seleksi kompetensi dasar (SKD). Tes akan berlangsung empat hari. Semua peserta diwajibkan tes PCR serta melampirkan sertifikat vaksin untuk bisa mengikuti tes.

JAKARTA, KOMPAS — Ditemukan dugaan kecurangan pada pelaksanaan seleksi kompetensi dasar atau SKD calon aparatur sipil negara 2021 di Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah. Penyelenggara seleksi diharapkan menindak tegas peserta yang melakukan kecurangan, bahkan melalui pidana.

Berdasarkan pemeriksaan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, sementara ini dugaan kecurangan itu berupa pemasangan perangkat lunak berupa remote access pada komputer peserta ujian. Perangkat lunak itu diduga dipasang oleh Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Buol dengan dibantu dua orang.

Editor:
Madina Nusrat
Bagikan