logo Kompas.id
NusantaraPemda DIY Keluarkan Puluhan Izin Pertambangan Pasir di Sungai Progo

Pemda DIY Keluarkan Puluhan Izin Pertambangan Pasir di Sungai Progo

Selama beberapa tahun terakhir, Pemda DIY mengeluarkan puluhan izin pertambangan pasir dan batu di Sungai Progo. Namun, aktivitas pertambangan di sebagian wilayah Sungai Progo itu mendapat penolakan dari warga sekitar.

Oleh
HARIS FIRDAUS
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO

Petambang menggunakan mesin penyedot untuk menambang pasir di Sungai Progo di Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Senin (16/8/2021).

YOGYAKARTA, KOMPAS — Selama beberapa tahun terakhir, Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta mengeluarkan puluhan izin pertambangan pasir dan batu di Sungai Progo. Penerbitan izin-izin itu diklaim telah sesuai aturan dan didahului kajian lingkungan. Namun, sejumlah warga di sekitar Sungai Progo ternyata menolak aktivitas pertambangan karena dinilai merusak lingkungan dan proses perizinannya tak transparan.

Berdasarkan data Dinas Perizinan dan Penanaman Modal (DPPM) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang diperoleh Kompas pada Selasa (12/10/2021), terdapat 38 izin usaha pertambangan (IUP) operasi produksi untuk pertambangan pasir dan batu di Sungai Progo. Izin-izin tersebut diberikan kepada pelaku usaha, baik berupa perusahaan maupun perseorangan, pada tahun 2016-2020.

Editor:
aufrida wismi
Bagikan