logo Kompas.id
NusantaraVaksinasi Malam, Jurus Baru Tegal Memacu Target ”Herd Immunity”

Vaksinasi Malam, Jurus Baru Tegal Memacu Target ”Herd Immunity”

Program vaksinasi malam hari di Kota Tegal, Jateng, terwujud atas usulan dari warga yang selama ini kesulitan melakukan vaksinasi pada siang hari. Program itu kini menjadi jurus baru pemerintah setempat mengejar target.

Oleh KRISTI D UTAMI
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/KRISTI DWI UTAMI

Warga menunggu giliran disuntik vaksin di kantor Kelurahan Debong Tengah, Kecamatan Tegal Selatan, Kota Tegal, Jawa Tengah, Jumat (11/9/2021) malam. Vaksinasi malam hari digelar untuk memfasilitasi warga yang tidak bisa mengikuti pada vaksinasi siang hari, misalnya pekerja dan pelajar. Program itu diharapkan mampu mendongkrak capaian vaksinasi di kecamatan tersebut yang saat ini berada di angka 57 persen dari total target 53.000 orang.

Program vaksinasi yang selama ini lebih banyak digelar pada pagi hingga siang hari tidak bisa diikuti sebagian warga yang bekerja atau bersekolah pada waktu-waktu bersamaan. Di Kota Tegal, Jawa Tengah, vaksinasi malam hari menjadi solusi sekaligus jurus baru menggenjot capaian demi tercapainya kekebalan kelompok atau herd immunity.

Empat bulan terakhir, Hamzah (34), warga Kelurahan Debong Tengah, dihadapkan pada dilema antara mencari seuap nasi dan menambah imunitas. Bapak tiga anak itu sehari-hari bekerja di sebuah industri logam rumahan di Kecamatan Adiwerna, Kabupaten Tegal, pada pukul 08.00-17.00.

Editor: Gregorius Magnus Finesso
Bagikan
Memuat data..