logo Kompas.id
NusantaraCegah Kebakaran, Kelayakan Instalasi Listrik Lapas di Jateng Dicek Ulang

Cegah Kebakaran, Kelayakan Instalasi Listrik Lapas di Jateng Dicek Ulang

Kebakaran di Lapas Kelas I Tangerang, Banten, menjadi pembelajaran bagi lapas-lapas lain di wilayah pantura Jateng. Keamanan dan kelayakan instalasi listrik dicek untuk mencegah kejadian serupa terulang.

Oleh KRISTI UTAMI
· 1 menit baca
Memuat data...
Kompas

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Tegal, Andi Yudho Sutijono, menunjukkan instalasi listrik di dekat blok hunian warga binaan, Kamis (9/9/2021). Instalasi listrik di lapas itu diganti pada April 2021 setelah puluhan tahun terakhir tidak diganti.

BREBES, KOMPAS — Sejumlah lembaga pemasyarakatan di daerah pesisir pantura barat Jawa Tengah diminta mengecek ulang kelayakan dan membenahi instalasi listrik menyusul kebakaran di Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Tangerang, Banten. Rencana kontijensi penanggulangan bencana juga segera disusun sebagai panduan petugas lapas menghadapi bencana.

Penyebab pasti kebakaran yang melanda Blok C2 Lapas Kelas I Tangerang, Rabu (8/9/2021) dini hari, belum bisa dipastikan. Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly menyebut, dugaan sementara kebakaran adalah persoalan hubungan pendek arus listrik.

Editor: Gregorius Magnus Finesso
Bagikan
Memuat data..