FotografiFoto CeritaTradisi Bubur Asyura...
KOMPAS/JUMARTO YULIANUS

Tradisi Bubur Asyura Masyarakat Banjar

Tradisi memasak dan berbagi bubur asyura pada 10 Muharram masih dijalankan masyarakat Banjar di Kalimantan Selatan. Menjalankan tradisi tersebut dipercaya akan membawa keberkahan di tahun baru Islam.

Oleh
JUMARTO YULIANUS
· 2 menit baca

Masyarakat Banjar di Kalimantan Selatan punya tradisi khusus untuk merayakan tahun baru Islam. Pada hari kesepuluh tahun baru Islam atau setiap 10 Muharram, warga tidak pernah absen membuat bubur asyura.

Asyura adalah hari kesepuluh pada bulan Muharram dalam penanggalan Islam. Tradisi memasak dan berbagi bubur asyura sudah dilakukan masyarakat Banjar secara turun-temurun. Setahun sekali, warga di berbagai penjuru Kalimantan Selatan bergotong royong untuk menyajikan bubur asyura. Untuk membuat acara tersebut, setiap warga menyumbangkan dana secara sukarela.

Di Kota Banjarmasin, Kamis (19/8/2021), tradisi memasak dan berbagi bubur asyura pada 10 Muharram tetap dilakoni warga. Tak hanya di kawasan perkampungan, tetapi juga di kompleks-kompleks perumahan tampak kesibukan warga membuat bubur asyura. Dalam suasana pandemi, warga tetap menjaga tradisi.

Memuat data...
Memuat data...