logo Kompas.id
NusantaraSulitnya Mencari Jejak Akidy di Langsa

Sulitnya Mencari Jejak Akidy di Langsa

Mencari jejak bisnis keluarga Akidy di Kota Langsa bukan hal mudah. Akidy sudah 45 tahun meninggalkan kota kelahirannya itu. Sumber informasi yang mengetahui kehidupan Akidy pun sangat terbatas.

Oleh NIKSON SINAGA
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/NIKSON SINAGA

Bekas rumah Akidy berada di Jalan Nasional, Kota Langsa, Aceh, Jumat (6/8/2021). Anak sulung Akidy, Ahok, melanjutkan tinggal di sana dan sempat mendirikan pabrik rumahan limun.

Mencari jejak bisnis keluarga Akidy di Kota Langsa, Aceh, bukan hal yang mudah. Akidy sudah sekitar 45 tahun meninggalkan kota kelahirannya itu. Jejak bisnisnya pun hanya terungkap dari beberapa orang yang mengenal anak sulungnya, Ahok, dan juga tetangga yang pernah bertemu Akidy.

Untuk bisa mengungkap jejak bisnis Akidy, Kompas melakukan penelusuran di Kota Langsa, Kamis hingga Sabtu (5-7/8/2021). Pencarian informasi dimulai dengan menghubungi Ketua Perhimpunan Komunitas Tionghoa Aceh (Yayasan Hakka) Kho Kie Siong alias Aki yang berada di Kota Banda Aceh, berjarak sekitar 450 kilometer dari Kota Langsa. Aki menyebut, orang yang kemungkinan bisa memberi informasi tentang Akidy adalah Ketua Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Kota Langsa Samsu.

Editor: khaerudin
Bagikan
Memuat data..