logo Kompas.id
NusantaraOlah 47.000 Ton Sampah, RDF Cilacap Jadi Solusi Energi dan Lingkungan

Olah 47.000 Ton Sampah, RDF Cilacap Jadi Solusi Energi dan Lingkungan

Fasilitas pengolahan sampah menjadi bahan bakar alternatif atau refuse derived fuel di Cilacap mampu mengolah 47.000 ton sampah. Diharapkan fasilitas ini memiliki dampak berkelanjutan dalam aspek lingkungan dan ekonomi.

Oleh WILIBRORDUS MEGANDIKA WICAKSONO
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/Arsip Humas PT Solusi Bangun Indonesia

Aktivitas pengolahan sampah menjadi bahan bakar alternatif atau refuse derived fuel (RDF) di Cilacap, Jawa Tengah, Kamis (25/2/2021). Fasilitas ini mampu mengolah sampah dengan kapasitas 120-150 ton per hari .

CILACAP, KOMPAS —Sejak diresmikan 21 Juli 2021 atau sekitar setahun beroperasi, fasilitas pengolahan sampah menjadi bahan bakar alternatif atau refuse derived fuel (RDF) di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, telah mengolah 47.000 ton sampah menjadi bahan bakar. Fasilitas ini diharapkan memberi solusi berkelanjutan bagi perbaikan kondisi lingkungan setempat.

”Kami mencatat, pada Juni 2021, setelah beroperasi satu tahun, sampah yang telah diolah untuk dijadikan bahan bakar alternatif sekitar 47.000 ton. Hal ini menunjukkan fasilitas RDF telah menumbuhkan paradigma baru cara memanfaatkan sampah supaya bernilai ekonomis,” kata Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Cilacap Wasi Aryadi dalam keterangan tertulis, Jumat (13/8/2021).

Editor: Gregorius Magnus Finesso
Bagikan
Memuat data..