logo Kompas.id
NusantaraPandemi Terus Hadirkan Kompleksitas Masalah

Pandemi Terus Hadirkan Kompleksitas Masalah

Pandemi Covid-19 belum jelas kapan mereda dan teratasi sehingga menuntut gotong royong semua komponen bangsa serta stamina yang luar biasa untuk penanganan dampaknya, yakni kompleksitas masalah kehidupan.

Oleh AMBROSIUS HARTO
· 1 menit baca
Memuat data...
PEMERINTAH KOTA SURABAYA

Kunjungan ke warga terpapar Covid-19 yang dalam masa isolasi di rumah sehat Perum Babatan Pratama, Surabaya, Jawa Timur, Senin (26/7/2021). Surabaya mendirikan rumah sehat untuk isolasi warga terpapar di tingkat RW atau kelurahan untuk mengatasi keterbatasan rumah sakit rujukan.

SURABAYA, KOMPAS — Pandemi Covid-19 (Coronavirus disease 2019) menimbulkan kompleksitas masalah. Penanganan memerlukan daya juang sekaligus kebersamaan luar biasa karena prosesnya bertahun-tahun.

Di Indonesia, pandemi diketahui mulai menjangkiti warga pada awal Maret 2012. Dua pekan kemudian, penularan sudah menyebar ke Jatim. Sampai saat ini, atau 15 bulan berselang, belum ada tanda pandemi melandai. Di Jatim, peningkatan kasus, kematian, dan risiko penularan di kabupaten/kota masih tinggi. Fasilitas kesehatan penuh. Masyarakat berebut oksigen dan obat. Sebagian warga kehilangan pekerjaan. Mobilitas dan produktivitas anjlok, perekonomian terjun bebas.

Editor: Siwi Yunita
Bagikan
Memuat data..