logo Kompas.id
NusantaraPisang Sang Mulyo Malang dalam Tahap Sertifikasi

Pisang Sang Mulyo Malang dalam Tahap Sertifikasi

Kabupaten Malang, Jawa Timur, kaya akan sejumlah buah-buahan eksotis. Salah satunya adalah pisang unggul yang banyak ditanam warga Desa Srimulyo di Kecamatan Dampit. Kini, pisang itu dalam proses sertifikasi.

Oleh DEFRI WERDIONO
· 1 menit baca
Memuat data...
DOK MANTRI TANI KECAMATAN DAMPIT

Presiden Joko Widodo bersama rombongan tengah melihat komoditas pertanian dan membubuhkan nama pisang ”sang mulyo" saat kunjungan kerja ke Kabupaten Malang, Jawa Timur, April 2021 lalu.

MALANG, KOMPAS — Pemerintah Kabupaten Malang bersama Kementerian Pertanian tengah menyertifikasi pisang unggul yang banyak dibudidayakan oleh petani di Desa Srimulyo, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Menurut rencana, setelah sertifikasi, pisang tersebut akan dikembangkan secara luas melalui sistem kultur jaringan.

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan Kabupaten Malang Budiar Anwar, Rabu (14/7/2021), mengatakan, proses sertifikasi diharapkan rampung bulan-bulan ini. ”Sekarang masih sertifikasi dulu sebelum membuat kultur jaringan. Ada sejumlah proses yang mesti dilewati,” ujarnya.

Editor: Siwi Yunita
Bagikan