logo Kompas.id
NusantaraTerancam Lesu, IKM Logam Tegal Berencana Rumahkan Sebagian Karyawan

Terancam Lesu, IKM Logam Tegal Berencana Rumahkan Sebagian Karyawan

PPKM darurat diperkirakan berdampak pada penurunan jumlah pesanan pada IKM logam di Tegal, Jateng. Sebagian pelaku IKM berencana merumahkan sebagian karyawannya untuk mengurangi beban operasional perusahaan.

Oleh
KRISTI UTAMI
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/STEFANUS OSA

Industri kecil menengah logam yang berada di Lingkungan Industri Kecil Takaru Tegal, Jawa Tengah, Rabu (21/4/2021), mulai terlihat menggeliat. Anjloknya permintaan komponen otomotif kini seakan menemui titik cerah setelah pemerintah melakukan relaksasi PPnBM kendaraan bermotor.

SLAWI, KOMPAS — Penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM darurat dikhawatirkan berdampak pada industri kecil menengah atau IKM logam di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Beberapa pelaku IKM bahkan sudah berancang-ancang kembali merumahkan sebagian karyawan.

Pada Senin (5/7/2021), aktivitas produksi di Lingkungan Industri Kecil (LIK) Takaru, Kecamatan Kramat, Kabupaten Tegal, masih berlangsung. Kendati demikian, jumlah orang yang bekerja di lingkungan itu dibatasi 50 persen dari kapasitas normal. Setiap orang yang beraktivitas di LIK Takaru juga diminta menerapkan protokol kesehatan yang ketat untuk menekan risiko penyebaran Covid-19.

Editor:
Gregorius Magnus Finesso
Bagikan