logo Kompas.id
NusantaraAncaman Rob di Balik Keelokan Pantai Utara Probolinggo

Ancaman Rob di Balik Keelokan Pantai Utara Probolinggo

Semburat senja di pesisir pantai Probolinggo menorehkan warna keemasan. Lukisan surgawi itu sekilas menutup kenyataan bahwa ada hal yang patut diwaspadai di sana

Oleh DAHLIA IRAWATI
· 1 menit baca

Semburat warna jingga berpadu dengan pendar merah muda di ufuk barat, seolah adalah jalan yang mengantar sang surya kembali ke peraduan. Sihir alam sore itu, sekilas menutup kenyataan bahwa ada kisah patut diwaspadai dari kondisi pesisir pantai utara Probolinggo.

Memuat data...
KOMPAS/DAHLIA IRAWATI

Suasana hutan mangrove di Pantai Utara Kota Probolinggo, Jawa Timur, Senin (16/4/2012). Pemkot Probolinggo saat ini berupaya membangun wisata ekologis mangrove sebagai daya tarik wisata untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di kawasan ini. Pertumbuhan ekonomi menjadi salah satu penyebab tingginya perumbuhan emisi gas rumah kaca di kota ini.

Sabtu (5/6/2021) petang, beberapa orang menikmati lukisan alam dari Pantai Bentar di Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo. Ada yang mengamati senja di anjungan kayu yang sengaja dibangun menjorok ke laut, dan ada juga sekadar duduk menikmati desir angin di pinggir pantai. Namun, semua orang tampak sepakat bahwa sore itu sangat memesona.

Editor: Siwi Yunita
Bagikan
Memuat data..