logo Kompas.id
NusantaraRS Lapangan Surabaya Hampir Penuh

RS Lapangan Surabaya Hampir Penuh

Rumah Sakit Lapangan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan 2 Surabaya hampir penuh pasien Covid-19. Ini menjadi tanda peringatan bagi Jawa Timur untuk meningkatkan kesiapan penanganan pandemi yang belum juga reda.

Oleh
AMBROSIUS HARTO
· 1 menit baca
Memuat data...
Kompas/Bahana Patria Gupta

Pasien Covid-19 baru siap memasuki tenda perawatan dengan menaiki ambulans saat  kunjungan Kepala BNPB Letjen TNI Ganip Warsito ke Rumah Sakit Lapangan Indrapura, Surabaya, Jawa Timur, Jumat (11/6/2021). Kunjungan kepala BNPB ini  untuk mengecek kesiapan dan kondisi rumah sakit untuk mengantisipasi lonjakan pasien Covid-19.

SURABAYA, KOMPAS — Rumah Sakit Lapangan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan 2 Surabaya, Jawa Timur, hampir terisi penuh oleh pasien Covid-19. Situasi pada Minggu (13/6/2021) memperlihatkan jumlah pasien dirawat 364 orang dari kapasitas 430 orang. Tingkat keterisian 84,65 persen atau jauh di atas anjuran Badan Kesehatan Dunia (WHO) yang 50 persen.

Kemarin atau Sabtu, jumlah pasien dirawat di RS Lapangan Surabaya 351 orang. Jumlah itu 87,96 persen dari kapasitas 399 orang. Tempat tidur di RS dalam kompleks Museum Kesehatan Dr Adhyatma MPH itu ditambah untuk mengimbangi lonjakan kedatangan pasien Covid-19. Tempat tidur untuk isolasi pasien, antara lain, dipinjamkan dari sejumlah RS rujukan di Surabaya.

Editor:
aufrida wismi
Bagikan