logo Kompas.id
NusantaraMenkes: Varian Baru Covid-19 Masuk lewat Pelabuhan

Menkes: Varian Baru Covid-19 Masuk lewat Pelabuhan

Budi menuturkan peningkatan signifikan kasus Covid-19 itu telah mencapai titik yang cukup mengkhawatirkan. Peningkatan akibat euforia warga yang berlebihan saat libur Lebaran, juga masuknya strain baru Covid-19.

Oleh
ADITYA PUTRA PERDANA
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/P RADITYA MAHENDRA YASA

Petugas berjaga untuk menyambut warga yang akan menjalani isolasi di Rusunawa Kudus, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Minggu (6/6/2021).

SEMARANG, KOMPAS — Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyoroti peningkatan kasus Covid-19, terutama di Kabupaten Kudus serta sejumlah daerah lain di Jawa Tengah. Dari puluhan sampel dari Kudus yang diperiksa, sudah terkonfirmasi masuknya varian delta B.1.617 di kabupaten itu. Secara keseluruhan, ia menilai banyak virus tersebut masuk lewat pelabuhan-pelabuhan.

Budi menuturkan peningkatan signifikan kasus Covid-19 itu telah mencapai titik yang cukup mengkhawatirkan. Salah satu penyebabnya ialah sebagian besar warga yang sudah bereuforia tanpa penerapan protokol kesehatan ketat saat masa libur, terlebih dengan sudah berjalannya vaksinasi. Di samping itu, juga akibat masuknya strain baru yang penularannya sangat cepat.

Editor:
Siwi Yunita
Bagikan