logo Kompas.id
NusantaraDari 72 Sampel Covid-19 di Kudus, 86 Persen Terdeteksi Varian India

Dari 72 Sampel Covid-19 di Kudus, 86 Persen Terdeteksi Varian India

Dengan sudah masuknya Covid-19 ke Kudus, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta masyarakat untuk menyadari betul risiko penularan. Kedisiplinan warga dalam menerapkan protokol kesehatan harus ditingkatkan.

Oleh ADITYA PUTRA PERDANA
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/P RADITYA MAHENDRA YASA

Suasana dan aktivitas Unit Gawat Darurat yang dalam beberapa pekan ini harus menangani kasus lonjakan Covid-19 di RSUD Dr Loekmono Hadi di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Minggu (6/6/2021). Lonjakan kasus Covid-19 membuat ratusan harus dirawat di sejumlah rumah sakit di Kudus dan Kota Semarang.

KUDUS, KOMPAS — Varian B.1.617 virus SARS-CoV-2 dari India dipastikan sudah masuk ke Kabupaten Kudus, yang sekitar tiga pekan terakhir menambah lonjakan kasus Covid-19 di Jawa Tengah. Gubernur Jateng Ganjar Pranowo meminta pengetatan disertai edukasi, mengingat kedisiplinan protokol kesehatan warga dinilai rendah.

”Dari hasil pemeriksaan Whole Genome Sequencing (WGS) SARS-CoV-2 dari Kudus 72 sampel, ditemukan 62 sampel (86,11 persen) Strain India (Delta): B.1.617.2,” demikian tertulis dalam pesan gambar yang dikirim Ganjar kepada Kompas, saat dikonfirmasi tentang jumlah sampel yang terdeteksi varian baru itu, Minggu (13/6/2021).

Editor: Gregorius Finesso
Bagikan
Memuat data..