logo Kompas.id
NusantaraBanyak Pelintasan Sebidang, di Sumbar Rawan Kecelakaan Kereta Api

Banyak Pelintasan Sebidang, di Sumbar Rawan Kecelakaan Kereta Api

Sumatera Barat termasuk daerah rawan kasus kecelakaan kereta api dan pengendara lain akibat banyaknya pelintasan sebidang. Evaluasi dan pengelolaan pelintasan sebidang mesti dilakukan untuk meningkatkan keselamatan.

Oleh YOLA SASTRA
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO

Pengguna sepeda motor berusaha melewati palang kereta api saat kegiatan sosialisasi keamanan berkendara di pelintasan sebidang sebelah barat Stasiun Klaten, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Jumat (4/12/2020). Kegiatan sosialisasi itu untuk meningkatkan kewaspadaan pengguna jalan saat melintasi pelintasan sebidang kereta api guna mengurangi risiko kecelakaan.

PADANG, KOMPAS — Sumatera Barat termasuk daerah rawan kasus kecelakaan kereta api dan pengendara akibat banyaknya pelintasan sebidang. Evaluasi dan pengelolaan pelintasan sebidang mesti dilakukan untuk meningkatkan keselamatan laju kereta dan masyarakat yang melintas.

Berdasarkan data PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divisi Regional (Divre) II Sumbar, selama 2021, ada 22 kasus kecelakaan di pelintasan sebidang. Kecelakaan tersebut menyebabkan 2 orang meninggal, 1 luka berat, dan 11 luka ringan.

Editor: Agnes Swetta Pandia
Bagikan
Memuat data..