logo Kompas.id
NusantaraBersama Menjaga Musim Semi Toleransi di Salatiga

Bersama Menjaga Musim Semi Toleransi di Salatiga

Kota Salatiga dinobatkan sebagai kota paling toleran di Indonesia pada 2020 berdasarkan Indeks Kota Toleran yang dirilis Setara Institute. Keselarasan antara pemerintah, pemangku kepentingan, dan masyarakat jadi kunci.

Oleh ADITYA PUTRA PERDANA
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/FERGANATA INDRA RIATMOKO

Mahasiswa dan pelajar yang tergabung dalam Orang Muda Katolik (OMK) membagikan takjil bagi pengguna jalan di depan Gereja Katolik Santo Paulus Miki, Kota Salatiga, Jawa Tengah, 27 April 2021. Pembagian takjil dilakukan setiap Ramadhan sejak 2015 sebagai wujud semangat berbagi dengan sesama.

Toleransi di Kota Salatiga, Jawa Tengah, bukan sekadar simbol, tetapi sudah menjadi bagian dalam kehidupan sehari-hari warga. Meski dinamika sosial selalu ada, Pemerintah Kota Salatiga berupaya memberi ruang sekaligus menjembatani berbagai kepentingan.

Keselarasan tersebut menjadikan Kota Salatiga dinobatkan sebagai kota paling toleran di Indonesia pada 2020 berdasarkan Indeks Kota Toleran yang dirilis Setara Institute, Maret 2021. Kota sejuk di lereng Gunung Merbabu itu mendapat skor tertinggi, yakni 6,717, diikuti Singkawang (6,450) dan Manado (6,200).

Editor: Gregorius Finesso
Bagikan
Memuat data..