logo Kompas.id
NusantaraJaga Warisan Leluhur, Sekolah Adat Perlu Dibentuk

Jaga Warisan Leluhur, Sekolah Adat Perlu Dibentuk

Sembari memperjuangkan kebijakan pemerintah untuk mengakui dan melindungi masyarakat adat, pengetahuan adat harus tetap diwariskan. Sekolah adat menjadi pilihan yang baik untuk itu.

Oleh DIONISIUS REYNALDO TRIWIBOWO
· 1 menit baca

PALANGKARAYA, KOMPAS — Pendidikan formal di Indonesia saat ini dinilai sebagai salah satu ancaman yang menyebabkan lunturnya pengetahuan adat istiadat. Sekolah adat terbukti efektif melestarikan warisan leluhur sambil memperjuangkan kebijakan untuk perlindungan dan pengakuan masyarakat hukum adat.

Hal tersebut mengemuka dalam Dialog Lintas Borneo bertema ”Sekolah Adat dan Masyarakat Adat” yang dilaksanakan oleh Forum Masyarakat Adat Heart of Borneo (HOB) secara daring, Sabtu-Minggu (29-30/5/2021). Hadir dalam kegiatan itu inisiator sekolah adat, juga komunitas adat dari semua provinsi di Pulau Kalimantan, termasuk di Sabah dan Sarawak.

Memuat data...
KOMPAS/DEONISIA ARLINTA

Kakek Melud Baru (73) berjalan di atas gundukan tanah yang berbentuk menyerupai buaya raksasa. Gundukan ini dipercaya sebagai peninggalan nenek moyang yang menjadi simbol keberanian bagi suku Dayak Lundayeh.

Editor: Siwi Yunita
Bagikan
Memuat data..