logo Kompas.id
NusantaraGempa Bermagnitudo 5,2 Guncang Tolitoli, Penguatan Mitigasi Kian Diperlukan

Gempa Bermagnitudo 5,2 Guncang Tolitoli, Penguatan Mitigasi Kian Diperlukan

Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah, rawan gempa dan tsunami. Perkuat mitigasi tak bisa ditawar-tawar untuk mengurangi korban jiwa dan kerusakan harta benda jika bencana besar terjadi.

Oleh VIDELIS JEMALI
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/VIDELIS JEMALI

Pengendara melintas di depan rumah yang rusak karena gempa di dekat kompleks Pasar Tua, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, Rabu (20/1/2021). Banyak rumah bertingkat roboh karena gempa pada 15 Januari 2021 itu.

PALU, KOMPAS — Gempa Magnitudo 5,2 mengguncang Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah, Sabtu (29/5/2021) pagi. Belum ada laporan kerusakan rumah atau bangunan akibat gempat tersebut. Warga meminta pemerintah untuk memperkuat upaya mitigasi bencana karena daerah itu rawan gempa dan tsunami.

Dalam rilis Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Bambang Setiyo Prayitno disebutkan, gempa yang awalnya tercatat M 5,3 lalu dimutakhirkan menjadi M 5,2 terjadi di laut dengan episenter pada koordinat 1,07 Lintang Utara dan 120,03 Bujur Timur di kedalaman 27 kilometer. Lokasi itu sekitar 87 kilometer arah barat Kota Tolitoli, ibu kota Kabupaten Tolitoli.

Editor: Agnes Swetta Pandia
Bagikan
Memuat data..