logo Kompas.id
NusantaraAwak KRI Nanggala-402 Gugur, Panglima TNI Usulkan Kenaikan Pangkat

Awak KRI Nanggala-402 Gugur, Panglima TNI Usulkan Kenaikan Pangkat

Hasil kontak visual bawah air menunjukkan kapal selam terbelah menjadi tiga bagian. Posisi kapal selam KRI Nanggala-402 sudah bergeser sekitar 1.590 yard atau sekitar 1.450 meter dari lokasi datum pertama.

Oleh COKORDA YUDISTIRA
· 1 menit baca
Memuat data...

Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana Yudo Margono (duduk, kiri) menerangkan perihal barang temuan dari KRI Nanggala-402 berupa baju keselamatan awak kapal selam dalam konferensi pers bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto (duduk, tengah) dan Kepala Polri Jenderal (Pol) Listyo Sigit Prabowo (duduk, kanan).

BADUNG, KOMPAS — Kapal selam KRI Nanggala-402 ditemukan tenggelam di perairan utara Bali di kedalaman 838 meter. Sebanyak 53 personel dalam kapal selam KRI Nanggala-402 dinyatakan gugur ketika menjalankan tugas negara. Panglima TNI mengusulkan kenaikan pangkat.

Lokasi kapal selam KRI Nanggala-402 berada di kedalaman 838 meter dipastikan dari hasil pemindaian peralatan pemancar sonar multibeam echosounder dan magnetometer. Peralatan itu dipasang di KRI Rigel-933. Penemuan itu kemudian dikonfirmasi dengan pencitraan bawah air secara visual dari peralatan kendaraan bawah air yang dikendalikan dari jarak jauh (ROV). Peralatan kendara bawah air itu diturunkan dari kapal MV Swift Rescue yang dikerahkan militer Singapura.

Editor: Siwi Yunita
Bagikan
Memuat data..