logo Kompas.id
NusantaraRatusan Burung Asal Ende dan Sekotak Telur Asal Taiwan Dimusnahkan

Ratusan Burung Asal Ende dan Sekotak Telur Asal Taiwan Dimusnahkan

Ratusan ekor burung asal NTT dan belasan butir telur impor asal Taiwan, yang diduga mengandung hama dan penyakit pada hewan, dimusnahkan, Selasa (30/3) untuk mencegah sebaran pada hewan lainnya dan penularan ke manusia.

Oleh RUNIK SRI ASTUTI
· 1 menit baca
Memuat data...
KOMPAS/BAHANA PATRIA GUPTA

Petugas Balai Besar Pertanian (BBKP) Surabaya memusnahkan bangkai burung asal Ende, NTT, dan telur asal Taiwan saat Rilis Pemusnahan Media Pembawa di Sidoarjo, Jawa Timur, Selasa (30/3/2021).

SURABAYA, KOMPAS — Sebanyak 156 ekor burung asal Ende, Nusa Tenggara Timur, dan sekotak telur asal Taiwan dimusnahkan oleh Balai Besar Karantina Pertanian Surabaya, Selasa (30/3/2021). Pemusnahan itu untuk mencegah sebaran penyakit karena sebagian burung terpapar virus flu burung.

Pemusnahan dilakukan dengan cara dibakar di dalam incinerator. Adapun lokasi berada di dalam area kantor BBKP Surabaya yang terletak di Jalan Raya Juanda. Pemusnahan ini merupakan bagian dari tindakan karantina yang disebut 8P, yakni pemeriksaan, pengamatan, pengasingan, penolakan, penahanan, perlakuan, dan pemusnahan.

Editor: agnespandia
Bagikan
Memuat data..